PSI Soal Seruan People Power Amien Rais: Aneh dan Menyesatkan

Senin, 8 April 2019 11:02 Reporter : Darmadi Sasongko
PSI Soal Seruan People Power Amien Rais: Aneh dan Menyesatkan Juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surya Tjandra. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surya Tjandra menilai sejumlah pernyataan bernada seruan people power dan tuduhan kecurangan sebagai bentuk perwujudan bermental kalah. Karena pernyataan-pernyataan aneh itu justru akan meningkatkan ketegangan di masyarakat.

"Tiba-tiba muncul yang aneh-aneh, lagi-lagi itu pernyataan menyesatkan dari mental orang kalah saja," kata Surya Tjandra di Kota Malang, Senin (8/4).

Surya merujuk pada seruan Amien Rais yang siap people power jika kalah dalam Pemilu 17 April. Padahal mekanisme hukum sudah disiapkan untuk menyelesaikan setiap konflik Pemilu yakni melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

"Itu pernyataan yang menyesatkan. Karena dari pernyataan itu ketegangan politik jadi lebih kuat dan kita lebih butuh situasi yang kondusif," tegasnya.

Selain itu, kata Surya, Pemilu relatif tidak bermasalah dan berjalan sesuai ketentuan dan tahapannya. Semua bebas melakukan kampanye dari mulai partai, caleg maupun capres memiliki kesempatan yang sama.

"Tidak ada halangan, malah dilindungi. Bawaslu dan KPU bekerja sangat efektif. Jadi saya kira, itu pernyataan yang berlebihan, tidak perlu dan malah memperkeruh suasana," jelasnya.

Surya yang maju sebagai calon legislatif daerah pemilihan (Dapil) V Malang Raya meminta Amien Rais atau yang lainnya tirakat dan istirahat saat masa tenang nanti. Rakyat selanjutnya diberi kepercayaan untuk menentukan pilihannya.

"Kami saja akan bener-bener berhenti kampanye, minggu tenang ya tenang, biarkan rakyat memilih sesuai hati nurani," jelasnya.

Surya menduga seruan tersebut akibat dari semakin jelasnya pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mendekati kemenangan. Karena semua survei menunjukkan pasangan 01 memenangi Pilpres 2019.

"Itu jelas kepanikan dari melihat tren hasil survei yang menunjukkan angka yang makin tegas, Jokowi menang. Mereka panik, tidak ada argumen lain untuk mengatakan apa yang harus mereka lakukan. Gitu aja," katanya.

Surya mengingatkan, pernyataan-pernyataan people power dan tuduhan curang sebagai sesuatu yang berbahaya. Apalagi disampaikan oleh seorang tokoh politik seperti Amien Rais.

"Itu kan berbahaya dan jahat, kita butuh konsolidasi agar negara ini lebih baik, lebih maju. Kok malah bikin yang memperkeruh suasana," katanya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini