Profil Sakti Wahyu Trenggono, Wakil Menteri Pertahanan Pendamping Prabowo Subianto

Jumat, 25 Oktober 2019 11:26 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Profil Sakti Wahyu Trenggono, Wakil Menteri Pertahanan Pendamping Prabowo Subianto Sakti Wahyu Trenggono. ©2018 Merdeka.com/Moh Kadafi

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil sejumlah tokoh ke Istana, Negara, Jumat (25/10). Mereka dipanggil untuk diminta menjadi wakil menteri Kabinet Indonesia Maju.

Salah satu yang ditunjuk wakil menteri ialah Sakti Wahyu Trenggono. Wahyu akan duduk di kursi Wakil Menteri Pertahanan mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Siapa Sakti Wahyu Trenggono?

1 dari 5 halaman

Bendahara TKN Jokowi-Maruf Amin

Sakti Wahyu Trenggono merupakan pria kelahiran Semarang, 3 November 1962. Dia dikenal dekat dengan Presiden Jokowi. Pada Pilpres 2019 lalu, Sakti dipercaya sebagai Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dia yang mengurus semua keperluan keuangan kampanye pada Pilpres lalu.

2 dari 5 halaman

Pengusaha

Sakti Wahyu Trenggono Wakil Menteri Pertahanan yang berasal dari non partai. Dia seorang pengusaha sukses. Bisnis-bisnisnya menggurita.

Pria yang akrab disapa Mas Treng ini merupakan taipan dalam bisnis telekomunikasi. Dia pendiri PT Teknologi Riset Global (TRG) Investama ini dikenal sebagai raja tower BTS Nusantara. Tak hanya di bisnis di bidang telekomunikasi, Sakti juga mempunyai bisnis bidang teknologi, properti, media, dan e-commerce.

3 dari 5 halaman

Pernah Kerja di Astra

Sebelum menjadi pengusaha, Sakti Wahyu Trenggono pernah menjadi karyawan Astra. Saat masih kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), Astra tengah membuka lowongan kerja. Sakti ikut melamar dan kemudian diterima dalam program Astra Basic Training atau saat ini lazim disebut management trainee.

Bergabung di Astra membuka pintu kesuksesan buat Trenggono. Banyak hal yang dipelajarinya, mulai dari membangun infrastruktur IT, sampai membangun budaya perusahaan hingga mengembangkan pabrik.

Dengan jabatan akhir Senior General Manager atau setingkat direktur di anak usaha Astra, Trenggono akhirnya memutuskan untuk mundur dari Astra. Mundur dari Astra, dia kemudian membangun bisnis sendiri, yaitu bisnis penyedia infrastruktur telekomunikasi menara yang ketika itu belum berkembang.

4 dari 5 halaman

Terjun ke Politik

Sukses di bidang bisnis, Sakti Wahyu Trenggono merambah ke dunia politik. Pada masa kepemimpinan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2009-2014 Hatta Rajasa, Trenggono ditunjuk sebagai Bendahara PAN, meski di tengah jalan mengundurkan diri.

Tak lama kemudian pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Trenggono masuk dalam tim sukses pasangan calon Jokowi-Jusuf Kalla. Begitupun dalam Pilpres 2019, Trenggono didapuk menjadi Bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf.

5 dari 5 halaman

Pernah Hidup Prihatin

Kesuksesan Sakti Wahyu Trenggono saat ini tidak terlepas dari kisah hidup yang memprihatinkan. Sejak kecil Sakti mengaku terbiasa hidup prihatin.

Dia harus hidup prihatin ketika kuliah di ITB. Bahkan, untuk membayar uang kuliah saja, keluarganya harus menjual tujuh ekor kambing. [dan]

Baca juga:
Ditunjuk Jadi Wamenhan, Wahyu Sakti Trenggono Bakal Fokus Industri Pertahanan
Jadi Calon Wakil Menteri, Angela Tanoe Tiba di Istana
Jelang Pelantikan Wakil Menteri, Ketum Relawan Projo Dipanggil Jokowi
Siang Ini, Presiden Jokowi Lantik Wakil Menteri di Istana
Presiden Jokowi: Susunan Wamen Selesai, Dari Partai dan Profesional
Mendag Agus Belum Putuskan Bakal Punya Wakil Menteri

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini