Prediksi Prabowo Vs Airlangga di 2024, Ini Kata Gerindra

Selasa, 16 November 2021 20:03 Reporter : Merdeka
Prediksi Prabowo Vs Airlangga di 2024, Ini Kata Gerindra airlangga bertemu prabowo di hambalang. ©2021 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman bicara kemungkinan pertarungan di Pemilu 2024. Termasuk, prediksi jagoannya Prabowo Subianto melawan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden.

Habiburokhman menegaskan, partainya tegak lurus mencalonkan Prabowo sebagai capres, tidak ada yang lain. Sementara untuk wakilnya, belum terpikirkan sampai sekarang.

Termasuk wacana Prabowo-Puan yang telah dideklarasikan relawan, kata Habib, itu bukan sikap resmi dari parpol.

"Kalau Gerindra itu alurnya jelas, samina watona, menyalonkan Pak Prabowo. Tapi kita belum menentukan wakilnya. Nanti ketika sudah ada putusan jelas, baru relawan silakan (deklarasi). Kalau sudah deklarasi duluan, kita nggak bertanggung jawab," jelas Habiburokhman dalam pesan singkat, Selasa (16/11).

Habiburokhman menegaskan, nanti ada saatnya Gerindra mengumumkan secara resmi dalam forum partai. Meskipun, sejauh ini, dorongan kepada Prabowo untuk kembali nyapres sangat kuat di internal.

“Tentu, kan resmi pendaftaran ketika tanda tangan formulir di KPU. Tapi kalau kita lihat keinginan semua kader Gerindra ya tentu Pak Prabowo,” ujar dia.

Ditanya soal kemungkinan Prabowo bakal menghadapi dengan Airlangga, Habiburokhman belum mau berkomentar banyak. Dia menegaskan, saat ini tengah fokus mengurusi internal masing-masing parpol.

“Kita konsentrasi di calon kita saja,” terang dia.

2 dari 3 halaman

Prediksi Pertarungan 2024

Sebelumnya, Pengamat Politik Gun Gun Heryanto memprediksi bakal ada tiga poros pada Pilpres 2024 mendatang. Berdasarkan pergerakan parpol terkini, menurutnya pada pilpres 2024 mendatang memiliki kecenderungan akan terdapat tiga poros.

Kemungkinan, poros pertama akan diisi PDIP dan Gerindra yang bisa saja mencalonkan pasangan capres Prabowo-Puan, bertarung dengan poros yang dibentuk Golkar dan NasDem yang akan mengusung Airlangga serta poros bentukan PKB, PPP, PAN, dan Demokrat.

"Secara chemistry tidak ada masalah Prabowo dan Puan. Sementara poros kedua, akan diinisiasi oleh Golkar dan NasDem. Golkar akan menjadikan Airlangga sebagai kandidat yang didorong. Entah itu RI 1 atau RI 2," ucap Gun Gun.

3 dari 3 halaman

Airlangga dan Ganjar

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid membuka peluang menduetkan Airlangga dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Hal tersebut diungkapkan Nurdin kepada Ketua Umum Ganjarist, Mazdjo Pray, dalam sebuah diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/11).

Nurdin mengatakan, kelompok pendukung Ganjar sebagai capres 2024 tak perlu khawatir jika nantinya tidak diusung PDIP. Menurutnya, Golkar akan terbuka memberikan tempat untuk Ganjar. [rnd]

Baca juga:
Akhiri Isu Perpanjang Jabatan Presiden, PKS Desak Tanggal Pemilu Segera Ditetapkan
Diajak Bisik-bisik Surya Paloh soal Pemilu 2024, Ini Kata Ketum Golkar Airlangga
Langkah Jokowi Menentukan Suara di Pilpres 2024
Peneliti CSIS: Prabowo dan Anies Tak Maju, PDIP Usung Puan Maharani di 2024
Partai Gelora Soal Capres 2024: Kami Serahkan Kepada Rakyat
Relawan Sahabat Ganjar Se-Jatim Gelar Pertemuan Konsolidasi dan Susun Strategi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini