Prabowo dan Sandiaga di Kabinet, Demokrasi di Indonesia Dinilai Semakin Lemah

Rabu, 23 Desember 2020 14:22 Reporter : Ahda Bayhaqi
Prabowo dan Sandiaga di Kabinet, Demokrasi di Indonesia Dinilai Semakin Lemah Sandiaga Uno ditunjuk jadi Menparekraf. ©Youtube Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Sandiaga Uno diangkat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju. Dengan demikian lengkap rival Joko Widodo dalam Pilpres 2019 menjadi pembantunya di pemerintahan. Setelah, Prabowo Subianto lebih dulu diangkat sebagai Menteri Pertahanan.

Menanggapi fenomena ini, Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, pengangkatan kompetitor di Pilpres sebagai menteri merupakan eksperimen pertama. Menurutnya, hal itu justru melemahkan demokrasi.

"Pertama ini eksperimen pertama. Dimana kompetitor diajak masuk kabinet. Bagi demokrasi ini bisa melemahkan karena membentuk persepsi bahwa pada akhirnya kekuasaan yang jadi tujuan," ujar Mardani kepada wartawan, Rabu (23/12).

Mardani menilai, Prabowo dan Sandiaga seharusnya menguatkan barisan oposisi untuk menyehatkan demokrasi. Sebab akan menghasilkan check and balance yang seimbang dan kebijakan pemerintah akan diawasi dengan kontrol dan pengawasan yang kokoh melalui barisan oposisi.

"Mestinya untuk menyehatkan demokrasi semua figur dan partai pendukung Pak Prabowo dan bang Sandi menguatkan barisan oposisi agar ada check and balance yang seimbang. Ini akan sehat bagi kebijakan publik yang dihasilkan karena ada kontrol dan pengawasan yang kokoh," ujar anggota Komisi II DPR RI ini.

Di sisi lain, Mardani memberikan kesempatan bagi Sandiaga untuk bekerja dalam 100 hari. Termasuk menteri yang baru masuk untuk cepat menjalankan janji Presiden Jokowi.

"Bagi personal para Menteri yang terpilih tentu kita beri berikan kesempatan untuk bekerja 100 hari pertama dengan benar dan cepat mendeliver janji Presiden," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini