PPP sebut poros ketiga bisa saja terbentuk

Jumat, 11 Mei 2018 16:07 Reporter : Sania Mashabi
Kampanye PPP. ©2014 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi mengatakan sah-sah saja jika ada tiga poros di Pilpres 2019. Namun, menurutnya, poros ketiga hanya sekedar wacana saja.

"Masih ada poros ketiga? Soal poros ketiga sampai saat ini hanya menjadi wacana-wacana yang belum teraplikasi atau terealisasi di lapangan. Sebagai sebuah wacana itu sah-sah saja ada poros ketiga tapi kok saya melihat belum ada keseriusan lebih lanjut," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/5).

Menurutnya, sampai saat ini belum ada penginisiasi dari poros ketiga untuk memenuhi Presidential Threshold (PT) sebesar 20-25 persen dari suara sah nasional. Tetapi, tambah pria yang akrab disapa Awiek itu, dalam politik tidak ada yang tidak mungkin terjadi, termasuk kemungkinan poros ketiga bisa saja terbentuk.

"20 persen atau 25 persen suara hasil pemilu yang lalu, itu kami belum melihat keseriusan. Tapi dalam politik tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Segala sesuatunya memungkinkan tetapi tentu saja ada hitung-hitungannya," ungkapnya.

Awiek mengatakan poros ketiga sebenarnya tidak akan terlalu berpengaruh pada koalisi Jokowi. Meski ada poros ketiga, ia yakin akan bisa memenangkan Pilpres 2019.

"Enggak juga, karena presiden pilihan rakyat, pilihan langsung bukan pilihan Parpol. Jadi meskipun hanya didukung oleh parpol minimalis misalnya, hanya ngepas saja tapi bisa si memenangkan kontestasi," tuturnya.

"Kalau disampaikan ada pengaruhnya, memang ada sedikit pengaruh tetapi tidak hanya Pak Jokowi tapi juga kalau pun berpengaruh misalnya ada salah satu partai yang digadang-gadang akan merapat ke prabowo tiba-tiba dia bikin poros baru ya berpengaruh juga ke mereka," ucapnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini