PPP sebut Amien siap 'nyapres' hanya manuver dongkrak elektabilitas PAN

Senin, 11 Juni 2018 14:17 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Arsul Sani. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani tidak melihat pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais maju menjadi calon Presiden di Pemilu Serentak 2019 sebagai sesuatu yang serius. Pernyataan Amien dipandang hanya sebagai upaya menaikkan elektabilitas PAN.

"Pencapresan Amien Rais bisa dimaknai dua hal. Pertama, ya pernyataan itu sebagai ikhtiar serius. Kedua, hanya sekedar ikhtiar menaikkan elektabilitas PAN di Pemilu 2019. Tapi buat saya, cenderung melihatnya dalam konteks makna kedua," kata Arsul saat dihubungi merdeka.com, Senin (11/5).

Amien, kata Arsul, tengah menerapkan teori efek ekor jas di mana pencalonan tokoh partai pada jabatan Presiden atau Wapres akan memberikan dampak elektoral yang positif bagi partainya.

Efek elektoral dari penerapan teori ini pernah terjadi kepada Partai Demokrat yang mencalonkan Susilo Bambang Yudhoyono pada Pilpres 2009 lalu.

"Nah di Indonesia kan kalau kita lihat juga ada 'efek ekor jas' tersebut. Misalnya pencalonan SBY pada Pilpres 2009 memberikan efek elektoral kepada Partai Demokrat," terangnya.

Akan tetapi, Arsul menilai strategi Amien mendongkrak elektabilitas PAN dengan menyatakan siap maju menjadi capres tidak cukup efektif seperti yang dilakukan Joko Widodo, Prabowo Subianto maupun SBY.

"Saya sih melihat persepsi publik tentang Amien Rais tidak sekuat seperti Jokowi atau Prabowo, bahkan tidak sekuat SBY yang dua kali menjadi Presiden," ujar Arsul.

Sebab, menurutnya, Amien tidak akan bisa menjadi tokoh Islam meski mendapatkan predikat sebagai tokoh reformasi.

"Meskipun Amien Rais dinobatkan sebagai tokoh reformasi, tapi kebesaran dirinya tidak pernah terbangun melewati kelompok asalnya sendiri. Amien Rais tidak pernah bisa dan tidak akan pernah bisa bahkan menjadi tokoh Islam bagi mayoritas kelompok Islam," tandasnya.

Sebelumnya, Amien Rais menyatakan keinginannya maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Dia siap melawan Jokowi yang telah diusung oleh PDIP, Golkar, Hanura, NasDem dan PPP.

"Nanti PAN, kita akan mencapreskan tokoh-tokoh partai kita sendiri. Pertama Zulkifli Hasan, kedua Sutrisno Bachir, ketiga Hatta Rajasa, dan keempat Mbah Amien Rais," ujar Amien saat buka puasa bersama tokoh-tokoh PAN di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan dalam sambutannya dan disambut tepuk tangan, Sabtu (9/6). [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini