PPP: KIB Tutup Pintu Usung Ganjar Pranowo

Jumat, 24 Juni 2022 18:59 Reporter : Alma Fikhasari
PPP: KIB Tutup Pintu Usung Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua DPP PPP Syarifah Amelia menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dibentuk bukan untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di pemilu 2024.

Dia mengatakan, KIB akan fokus mempersiapkan kader internal dari PPP, PAN dan Golkar sebelum melirik tokoh eksternal.

"Tentu tidak benar. Karena yang pertama, marwah kita adalah mendukung kader-kader internal," kata Amelia saat diwawancarai di Jakarta Selatan, Jumat (24/6).

Lebih lanjut, Amelia mengatakan, KIB memiliki sosok terbaik yang siap diusung untuk menjadi capres. Di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua PPP Suharso Monoarfa.

"Kemudian juga beberapa waktu lalu PDIP menegaskan bahwa kader-kadernya itu tidak membukakan pintu untuk diusung oleh koalisi atau partai lain. Sehingga ini jawaban dari kedua belah pihak sudah menutup pintu untuk itu," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Masuknya PAN ke kabinet Jokowi menjadi kode Jokowi memberikan lampu hijau pembentukan KIB. Jokowi disebut ingin memperkuat komposisi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di kabinet untuk 2024.

Dengan bergabungnya Zulkifli Hasan ke kabinet, maka seluruh ketua umum partai KIB duduk di kursi kabinet Jokwoi. Mereka adalah Airlangga Hartarto, Suharso Monoarfa dan Zulkifli Hasan.

Ketum Golkar Airlangga Hartarto menjabat Menko Perekonomian. Ketum PPP Suharso Monoarfa menjabat Menteri Bappenas. Semuanya kini berada langsung di bawah komando Jokowi.

"KIB tak lepas dari 'tangan' Istana," kata sumber merdeka.com di internal koalisi pemerintah saat dikonfirmasi.

Menurut informasi sumber, KIB diproyeksikan untuk memberikan tiket bagi Capres pilihan Jokowi. Sinyal tersebut dikuatkan dengan pernyataan Airlangga yang terbuka mengusung kader di luar KIB.

Perolehan suara Golkar, PPP dan PAN jika ditotal sudah melebihi ambang batas pencalonan Presiden 20 persen. Berdasarkan hasil Pemilu 2019 dari KPU, Golkar mendapat 85 kursi dengan presentase 12.31%, PAN mendapat 44 kursi atau 6,84% dan PPP mendapat 19 kursi atau 4,52%. Gabungan suara ketiga partai mencapai 23,67%. Artinya sudah cukup mengusung calon presiden sendiri.

"Kita lihat saja siapa Capres yang diusung, internal KIB atau capres yang didukung Jokowi," ungkap dia.

Baca juga:
Golkar Yakin KIB Menang Pilpres 2024 Jika Muncul Empat Poros Koalisi
KIB Tutup Pintu Usung Prabowo-Cak Imin sebagai Capres Cawapres 2024
Golkar: Demokrat Sulit Gabung PDIP atau NasDem, Kalau KIB Pasti Diterima
Tiga Poros Capres Mulai Terlihat, KIB Dinilai Paling Kompak dan Siap Jalan
PDIP akan Silaturahmi ke KIB dan PKB-Gerindra usai Rakernas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini