PPP Isyaratkan Peluang Dukung Anies di Pilpres 2024

Selasa, 4 Oktober 2022 12:46 Reporter : Ahda Bayhaqi
PPP Isyaratkan Peluang Dukung Anies di Pilpres 2024 NasDem deklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Partai NasDem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengakui bisa saja mengusung Anies. Namun, hal itu tergantung hasil dari Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas).

"Fokus kami ya konsolidasi sampai dengan tingkat ranting atau keluarahan dulu, sambil mendengarkan aspirasi dari struktur dan pemangku kepentingan PPP. Ini berarti semuanya terbuka bagi mereka yang disebut-sebut sebagai bacapres/bacawapres termasuk Anies, Sandi, Erick, Khofifah, RK dan lainnya," kata Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani saat dihubungi merdeka.com, Selasa (4/10).

Kendati demikian, Arsul menyebut PPP mengapresiasi langkah NasDem yang mendeklarasikan Anies sebagai Capres. Bagi PPP sendiri, untuk capres dan cawapres nanti akan dibahas lebih lanjut dalam mukernas yang akan digelar pada akhir tahun ini.

"Apa yang dilakukan Nasdem dengan mendeklarasikan capresnya, yang dalam hal ini Anies Baswedan, PPP apresiasi sebagai bagian dari upaya mewujudkan proses demokrasi yang baik di negara kita," ucapnya.

"PPP sendiri belum akan memutuskan capres dan cawapres sampai dengan Mukernas diawal tahun nanti," sambung Arsul.

Sepanjang mukernas belum digelar, PPP masih sangat terbuka menerima usulan siapa sosok yang akan diusung oleh PPP.

"Namun bagi PPP sendiri, memandang saat ini belum saatnya untuk memutuskan siapa paslon Pilpres yang akan diusung. Apalagi PPP jauh dari kemampuan untuk bisa mengusung sendiri. Jadi ya bijaknya kami perlu bicara juga dengan partai-partao lain yang menjadi mitra koalisi," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

NasDem Usung Anies Baswedan

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024. Anies hadir secara langsung ketika calon presiden NasDem diumumkan oleh Surya Paloh. Anies duduk di kursi paling depan bersama Surya Paloh.

"Yang dicari Nasdem adalah yang terbaik dari terbaik. Inilah kenapa akhirnya NasDem memilih sosok Anies Baswedan," kata Surya di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

Surya Paloh mengatakan, sosok Anies sejalan dengan visi misi NasDem dalam membangun bangsa Indonesia. "Kami punya keyakinan pikiran dalam perspektif makro maupun mikro sejalan dengan apa yang kami yakinkan," ujar dia.

Menurut Paloh, Indonesia membutuhkan Presiden yang bisa membentuk bangsa yang bermartabat dan berkarakter. Paloh meyakini Anies adalah orang yang tepat mewujudkan cita-cita tersebut.

"Bangsa ini ke depan Insyaallah jika Anies Baswedan terpilih sebagai presiden menjadi bangsa bermartabat bangsa yang membentuk karakter dari bangsa ini," kata Paloh.

Baca juga:
Anies Pernah Janji Tak jadi Capres Bila Prabowo Maju, NasDem: Konteksnya Pilkada DKI
Anies Dideklarasikan Jadi Capres, Ini Respons Wagub Riza
Gerak Cepat NasDem Deklarasikan Anies Capres Rusak Posisi Tawar Tokoh dan Parpol
NasDem Usung Anies Jadi Capres 2024, Siapa Lawan Sepadan?
Pencalonan Anies sebagai Capres Bakal Ubah Peta Koalisi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini