PPP Antusias Dukung Gibran di Pilkada Solo

Selasa, 11 Februari 2020 11:53 Reporter : Ahda Bayhaqi
PPP Antusias Dukung Gibran di Pilkada Solo gibran di dpp pdip. ©2020 Merdeka.com/putu merta

Merdeka.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tak mau ketinggalan memberikan dukungan positif terhadap putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pilkada Solo. PPP menambah panjang daftar partai politik yang siap mendukung Gibran. Sebelumnya, Partai Gerindra, Demokrat, hingga Golkar siap mengusung putra mahkota presiden.

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengatakan, PPP antusias mengusung Gibran. Namun partainya tidak ingin melangkahi PDIP yang belum memutuskan mengusung calon yang dijagokan di Pilkada Solo.

"Nah kalau PPP sendiri saya lihat teman-teman muda PPP di sana juga antusias mendukung mas Gibran ini juga nanti kita hormatilah ya aspirasi mereka ya," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2).

Arsul mengakui, PDIP memiliki kekuatan yang dominan di Solo dengan 40 kursi. PPP akan menunggu apakah Gibran dapat rekomendasi dari PDIP.

"PPP itu akan menunggu keputusan DPP PDIP tentang siapa bakal calon walikota solo yang akan direkomendasikan karena bagaimana pun kan mas Gibran itu kader PDIP jadi etikanya ya tentu partai-partai lain akan melihat menunggu akan seperti apa," ujar Arsul.

PPP dapat berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon. Menurutnya, sampai saat ini belum ada keputusan yang kongkrit dari DPP PPP untuk calon yang diusung di Pilkada Solo.

"Kalau dilihat dari syarat minimal pengusungan kan sekitar syarat pengusungan kan 9, ada sisa 15 kursi. Nah tidak tertutup kemungkinan partai-partai itu berkoalisi untuk kemudian mengusung, karena memang secara aturan masih terbuka untuk itu," kata Arsul.

1 dari 1 halaman

Parpol Besar Siap Usung Gibran

Sejumlah partai besar dikabarkan siap mengusung Gibran menjadi calon wali kota Solo. Salah satunya Partai Golkar. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengakui tertarik meminang putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wali kota Solo di Pilkada 2020. Dia bahkan mengakui sudah melakukan komunikasi.

"Golkar sendiri menjajaki pak Gibran. Kalau kita bicara untuk itu komunikasi sudah," kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta, Jumat (7/2).

Tak hanya Golkar. Partai Gerindra juga siap mendukung Gibran. Para pengurus DPC Partai Gerindra Solo mengklaim telah mendapatkan restu dari Ketua Umum Prabowo Subianto.

"Kami sudah sejak lama mendukung Gibran untuk menjadi Wali Kota Solo. Saya juga sudah menyampaikannya kepada DPD Gerindra Jawa Tengah," ujar Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, Jumat (7/2).

Saat acara HUT Gerindra di Kartanegara, Ketua DPD Jateng dipanggil dan diajak bicara oleh DPP. Dalam kesempatan tersebut, dikatakan Ardi, Prabowo merestui Gerindra mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo itu. Namun, Gerindra yang hanya memiliki 3 kursi dari 45 kursi DPRD Solo diminta menghormati proses di internal PDIP.

"Ketua DPD Jateng sudah menyampaikan ke Pak Prabowo. Dan hasilnya dukungan sudah mengarah ke Mas Gibran. Tetapi harus menunggu dengan sabar, rekomendasi masih di DPP PDIP," katanya.

Partai Demokrat juga melirik Gibran. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru baru ini telah memberikan instruksi kepada pengurus Partai Demokrat untuk memberikan dukungan kepada suami Selvi Ananda tersebut.

Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto menuturkan, partainya sudah sejak lama menyampaikan dukungan tersebut kepada Gibran. Partai Demokrat Solo juga telah meminta izin kepada SBY.

"Pak SBY secara lisan telah menyampaikan dukungan itu melalui DPD Partai Demokrat Jateng. Kami konsisten sejak awal terkait dukungan kepada Mas Gibran. Jauh-jauh hari kami sudah meminta izin kepada DPP melalui DPD Jateng," ujar Supriyanto, Rabu (5/2). [noe]

Baca juga:
Optimis Diusung PDIP, Gibran Belum Komunikasi dengan Gerindra, Golkar Hingga Demokrat
Cerita Puan soal Pertemuan Jokowi dan FX Rudy
Achmad Purnomo Manut Keputusan PDIP Soal Jagoan di Pilkada Solo
Ini Kata Puan Maharani Usai Uji Gibran dan Purnomo-Teguh di Pilkada Solo
Jika Gagal Maju Pilkada Solo, Gibran Tegaskan Tetap Setia Pada PDIP

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini