PPP Ajak Gerindra dan PKB Bentuk KIB Plus Plus

Rabu, 25 Januari 2023 14:12 Reporter : Ahda Bayhaqi
PPP Ajak Gerindra dan PKB Bentuk KIB Plus Plus Plt Ketum PPP Mardiono. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengajak Gerindra dan PKB bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Bukan PPP yang pindah ke koalisi Gerindra-PKB.

Hal tersebut menanggapi pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno yang bilang PPP berpeluang gabung koalisi Gerindra-PKB. PPP menegaskan masih punya ikatan dengan Golkar dan PAN dalam KIB.

"Jadi PPP ini sudah mengikatkan diri dalam satu Koalisi Indonesia Bersatu, bersama dengan PAN Golkar," ujar Mardiono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1).

Menurutnya, KIB menunggu tambahan anggota. Mardiono mengajak Gerindra dan PKB yang merapat bersama KIB.

"Tetapi kita memang masih menunggu, jadi kemungkinan masih ada partai lain yang akan bergabung, sehingga menjadi koalisi KIB plus plus," ujarnya.

"Nah, plus-plusnya ini ya kami masih terbuka, apakah ini nanti Gerindra apakah PKB, apakah nanti semuanya kita masih terbuka," lanjut Mardiono.

Ia mengakui sudah membangun komunikasi dengan Gerindra atau PKB. Tetapi tidak tegas apakah sudah mengajak bergabung ke KIB.

"Komunikasi politik, oh tentu, kita ini kan satu gedung di sini ya tentu komunikasi kita gak terputus kepada semua partai," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menyampaikan, tidak menutup kemungkinan jika ada partai politik lain yang bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang digagas bersama PKB. Termasuk, Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dia menjelaskan, dinamika politik selalu dinamis dan selalu cair menjelang detik-detik terakhir.

"(PPP) Ya kan ini nggak menutup kemungkinan akan bergabung semua ke sini (Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya), Kan jadi politik itu kan selalu last minute, sebelum detik-detik itu selalu cair dan dinamis," kata Sandiaga usai menghadiri peresmian sekber PKB-Gerindra di Menteng, Jakarta, Senin (23/1).

Dia menegaskan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berpesan untuk selalu menghadiri undangan dari siapapun dalam menjalankan tugasnya sebagai menteri.

"Saya diundang dalam kapasitas menteri untuk berjuang bersama dengan masyarakat membangkitkan ekonomi, dan Pak Prabowo menyampaikan bahwa itu wajib hukumnya kalau diundang hadir oleh siapapun itu, apalagi itu berkaitan dengan tugas dan fungsi kami," tegasnya. [ray]

Baca juga:
NasDem Sindir Parpol Bikin Analisa Sendiri Kadernya Paling Cocok Jadi Cawapres Anies
Nama Khofifah di Lintasan Pemilu 2024
NasDem Cari Alternatif selain Demokrat-PKS untuk Usung Anies Baswedan: Tunggu 2 Hari
PAN Nilai Masih Ada Peluang Terbentuknya Koalisi Besar di Pilpres 2024
PAN Balik Rayu Gerindra-PKB Gabung KIB

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini