Potret Elektabilitas Partai versi Indikator Pasca-Deklarasi Anies Baswedan

Kamis, 1 Desember 2022 16:27 Reporter : Merdeka
Potret Elektabilitas Partai versi Indikator Pasca-Deklarasi Anies Baswedan Survei elektabilitas Partai Politik. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Indikator Politik Indonesia menggelar survei terkait elektabilitas partai politik pasca-deklarasi Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden Partai NasDem pada September 2022. Hasilnya, PDIP tetap berada di posisi teratas, diikuti oleh Gerindra, Golkar, Demokrat dan PKB sebagai lima partai dengan elektabilitas tertinggi.

"PDIP teratas di sekitar 23.5%, kemudian Gerindra 11%, Golkar 10.5%, Demokrat 9.8%, PKB 8.2%, PKS 5.1%, dan NasDem 4.8%. Partai lain lebih rendah dukungannya, belum menjawab sekitar 16.1%," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi saat jumpa pers daring, Kamis (1/12/2022).

Terkait tren suara tersebut terpengaruh deklarasi Anies capres, Burhanuddin mengatakan tiap partai memiliki fluktuasi yang beragam.

"Pada sebelum deklarasi (September) elektabilitas PDIP 26% dan setelah deklarasi Anies 23,5%. Sedangkan Gerindra saat sebelum 11,9% dan setelah menjadi 11,0%," urai Burhanuddin.

Partai-partai seperti Demokrat, Golkar dan NasDem memiliki kecenderungannya menguat setelah deklarasi Anies. Rinciannya, Golkar dari 9,9% ke 10,5%, Demokrat 8,3% ke 9,8% dan NasDem dari 4,4 ke 4,8%.

"PKB dan PKS juga cenderung menguat tapi lebih landai. Angkanya 6,0% ke 8,2% untuk PKB dan 7,1% ke 5,1% untuk PKS," jelas Burhanudin.

"Sementara PPP dan PAN stagnan. Yaitu, tetap 2,3% untuk PPP dan 1,1% ke 2,3% untuk PAN," tutup Burhanuddin.

2 dari 2 halaman

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 30 Oktober sampai 5 November 2022 dengan melibatkan 1.220 responden dengan cara tatap muka.

Tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Metode digunakan adalah simple random sampling. Selain itu, toleransi kesalahan atau margin of error sekitar kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Terkait Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

Reporter: M Radityo

[ray]

Baca juga:
Tren Elektabilitas Parpol dalam 4 Kali Survei Charta Politika
Survei Indopolling Network: PDIP Masih Kuasai Jakarta, PKS Salip Gerindra
Elektabilitas Perindo Naik, Gerindra: Waspada Hasil Survei Fluktuatif
Litbang Kompas: Kalah dengan Perindo, 6 Partai di DPR Kehilangan Suara Gen Z
Golkar Merosot di Survei, BRIN Nilai Akibat Sosok Capres & Kebijakan Tak Pro Rakyat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini