Pos Kementerian Ini Jadi Incaran Partai

Selasa, 27 Agustus 2019 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Pos Kementerian Ini Jadi Incaran Partai jokowi dan pratikno. ©2019 Merdeka.com/antara

Merdeka.com - Partai Koalisi dipastikan mendapat jatah kursi menteri dari Presiden Jokowi. Porsi menteri untuk partai politik hanya 45 persen.

Sebagai pendukung, deretan partai berikut ini sudah mengincar pos-pos kementerian yang ingin diduduki. Kementerian mana saja yang diincar parpol koalisi? Berikut ulasannya:

1 dari 3 halaman

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menjadi incaran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKB mengklaim selama ini, selalu konsentrasi pada dunia pendidikan. Menurut PKB, selalu konsentrasi pada dunia pendidikan.

"(Harapan posisi menteri?) ya pendidikan. Banyak para ahli meneliti jangan sampai perguruan tinggi ini salah arah, kemudian juga pembinaan kualitas ideologinya atau karakter buildingnya itu salah asuh," kata Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, beberapa waktu lalu.

2 dari 3 halaman

Kementerian Ristekdikti

Tak cuma Kemendikbud, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mengincar Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). PKB menilai antara Kemendikbud dengan Kemenristekdikti merupakan satu kesatuan. Sehingga partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu mengincar kementerian tersebut.

"Keinginan kita Menristek, Mendikbud satu kesatuan. Tidak pisah-pisah ngurusnya dari dasar sampai perguruan tinggi," kata Ketua Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal.

3 dari 3 halaman

Kementerian Hukum dan HAM

Tak hanya PKB, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga mengincar pos kementerian yang ingin diduduki kadernya. Sebagai parpol pendukung PDIP mengincar Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, PDIP pun melirik Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Pertanian (Kementan).

"Iya hukum, kalau kami berharap portofolio pertanian pedesaan yah PDIP. Karena di sana banyak konstituennya. Itu harap kita, tapi Presiden yang menentukan," kata Politikus PDIP Masinton Pasaribu, kata Masinton di Denpasar, Bali, Jumat (9/8/2019).

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Menteri Favoritmu, Mana yang Layak Dipertahankan? Klik disini

[has]

Baca juga:
Panas Adem Manuver NasDem
Siang Ini Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru
Menanti Pendatang Baru Koalisi Jokowi
Moeldoko Yakin Jokowi Pertimbangkan Keterwakilan Perempuan di Kabinet Baru
Luhut Soal Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi: Yang Lama Sudah Mogok
Gerindra Sebut Sandiaga dan Fadli Zon Ditawari Menteri, Tapi Menolak

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini