Diah Pitaloka: Janda miskin wajib terima PKH

Jumat, 23 Maret 2018 14:07 Reporter : Fikri Faqih
Diah Pitaloka: Janda miskin wajib terima PKH Diah Pitaloka di Cianjur. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka mengatakan, janda miskin harus mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH). Alasannya karena mereka bertanggung jawab atas kehidupan dan pendidikan anak mereka.

"Masih banyak janda miskin yang tidak menerima PKH sebagai warga dalam kondisi ekonomi dan sosial paling rentan. Sementara mereka memegang tanggung jawab sebagai kepala keluarga," kata Diah dalam acara pelantikan kader desa Paradigta Pekkadi Cianjur, Jawa Barat, Jumat (23/3).

Politisi PDIP ini mengungkapkan, tujuan program bantuan tunai ini adalah untuk memperingan beban Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Di mana program ini harapannya dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi.

Diah menjelaskan, pemberian PKH tidak hanya bagi janda miskin yang berada di pedesaan. Karena, dia menilai, mereka yang berada di kota juga harus mendapatkan program andalan Presiden Joko Widodo ini.

"Misalnya di perkotaan sudah pasti biaya hidup tinggi untuk rumah tangga miskin. Untuk itu pemerintah harus hadir di segala lini," jelasnya.

Untuk itu, Diah meminta kepada Kementerian Sosial memprioritaskan janda miskin di desa maupun perkotaan. Sehingga, jika diperlukan maka kementerian yang dipimpin oleh Idrus Marham itu melakukan pembenahan data. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini