Politikus PPP Tolak Hotel Isolasi Mandiri: Jangan Membebani Anggaran Negara

Rabu, 28 Juli 2021 14:27 Reporter : Ahda Bayhaqi
Politikus PPP Tolak Hotel Isolasi Mandiri: Jangan Membebani Anggaran Negara Sidang Paripurna 2020. ©2020 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Anggota Komisi IX DPR Fraksi PPP Anas Thahir menilai fasilitas isolasi mandiri khusus anggota dewan kontra produktif. Fasilitas yang disediakan Kesekjenan ini, dinilai Anas, hanya akan menimbulkan kecemburuan sosial.

"Terkait dengan fasilitas Isoman untuk anggota DPR yang terkena positif Covid yang dipersiapkan oleh Kesekjenan DPR RI saya nilai kontra produktif dan bisa menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat. Karena pada dasarnya semua harus memiliki akses yang sama pada fasilitas kesehatan," ujar Anas dalam keterangannya, Rabu (28/7).

Anas menilai, rumah jabatan anggota cukup digunakan sebagai fasilitas isolasi mandiri. "Rumah Jabatan Anggota cukup representatif untuk tempat Isoman karena memang tidak kontak langsung dengan masyarakat dan memiliki halaman yang cukup luas untuk aktivitas di ruangan tanpa berinteraksi langsung dengan orang lain," katanya.

Anas mengusulkan anggaran untuk menyewa hotel isolasi mandiri sebaiknya dialihkan untuk keperluan yang menyentuh langsung masyarakat yang terdampak. Anggaran negara sedang tidak baik, DPR tidak perlu membebankan untuk keperluan isolasi mandiri.

"Anggaran yang diperuntukkan sewa hotel berbintang lebih baik dialihkan untuk keperluan yang lebih penting, yang menyentuh langsung terhadap kebutuhan masyarakat yang terdampak Covid. Kondisi anggaran negara sedang tidak baik, tidak perlu DPR membebani Anggaran Negara hanya untuk fasilitas Isoman," ujar dia.

Lebih lanjut, Anas menuturkan, jika fasilitas isolasi mandiri hanya untuk pegawai kesekjenan sebaiknya tidak perlu menggunakan hotel.

"Mungkin saja Kesekjenan menyiapkan tempat Isoman untuk pegawai Kesekjenan. Jika hal itu juga tujuannya, maka tidak perlu juga menjadikan hotel sebagai tempat Isoman sebagaimana tidak diperlukannya hotel khusus untuk tempat Isoman anggota DPR. Jika memang pemerintah hendak menyiapkan hotel untuk tempat Isoman, maka tempat tersebut harus bisa diakses semua pihak yang membutuhkan," tuturnya.

Reporter: Delvira Hutabarat [gil]

Baca juga:
Demokrat Tolak Fasilitas Isoman Anggota DPR: Bisa Pakai Rumah Dinas
Pimpinan Parlemen soal Fasilitas Hotel untuk Isoman: Tidak Khusus Anggota DPR!
Bebani Negara, Fasilitas Isolasi Mandiri Mewah Anggota DPR Harusnya Bayar Sendiri
Formappi Kritik Fasilitas Isoman Anggota DPR: Merakyat Tak Cuma Basa Basi Kampanye
Anggota DPR Kena Covid Difasilitasi Isolasi di Hotel, PKS Sebut Akibat RS Penuh
Ini Sumber Anggaran Fasilitas Hotel buat Anggota DPR Isolasi Mandiri
DPR akan Sediakan Hotel untuk Anggota Dewan yang Terpapar Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini