Politikus Gerindra Nilai Wacana Presiden Dipilih MPR Opsi Atasi Persoalan Pemilu

Rabu, 14 Agustus 2019 12:39 Reporter : Sania Mashabi
Politikus Gerindra Nilai Wacana Presiden Dipilih MPR Opsi Atasi Persoalan Pemilu Ahmad Riza Patria. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Partai Gerindra salah satu yang memberi sinyal dukungan wacana memulihkan kembali fungsi MPR sebagai lembaga tertinggi. Caranya melalui amandemen terbatas Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan menghidupkan kembali Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menilai pengembalian pemilihan presiden beserta wakilnya ke MPR bisa mengatasi masalah dalam sistem pemilihan umum (pemilu) langsung oleh masyarakat. Apalagi selama ini pelaksanaan pemilu langsung menimbulkan banyak persoalan.

"Ya bisa saja itu salah satunya kalau kembali ke MPR mungkin costnya lebih murah tidak terjadi money politik di masyarakat tapi kan jangan sampai money politik berpindah dari rakyat malah ke wakil rakyat malah lebih parah lagi," kata Riza pada merdeka.com, Rabu (14/8).

Riza membeberkan banyaknya masalah dalam pelaksanaan pemilu Indonesia. Mulai dari biaya tinggi, money politik, hingga polarisasi di masyarakat.

"Nah itu harus dipikir kan ada plus minusnya gitu, itu harus mengatasi money politik. Begitu kan," ungkapnya.

Terkait sikap politik Gerindra atas wacana tersebut, Riza belum bisa memastikan. Sikap politik itu akan diputuskan Ketua Umum Prabowo Subianto.

"Saya tidak bisa bilang begitu karena sampai hari ini kita belum bahas itu. Kalau pribadi-pribadi boleh menyampaikan siapapun boleh tapi kan kalau nanti bicara keputusan partai akan diputuskan oleh Pak Prabowo," ucapnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini