Politik Meja Makan ala Jokowi dan Prabowo Subianto

Senin, 31 Desember 2018 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Politik Meja Makan ala Jokowi dan Prabowo Subianto Jokowi dan Prabowo naik kuda. ©REUTERS/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Merdeka.com - Politik meja makan belakangan menjadi tren di kalangan elite politik. Termasuk yang dilakukan oleh Capres Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto.

Dalam beberapa momen, baik Jokowi dan Prabowo membicarakan tentang politik dibungkus dalam acara makan-makan. Terkesan santai memang.

Menjelang Pilpres 2019, politik meja makan ala Jokowi dan Prabowo Subianto beberapa kali dilakukan. Berikut potretnya:

1 dari 5 halaman

Usai Makan, Bicara Survei Internal

Jokowi dan Maruf Makan Siang. ©2018 Merdeka.com

Capres Jokowi menyambangi kediaman Cawapres Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/12). Jokowi hadir di sela jam-jam makan siang. Ketika ditanya lawatannya hari ini Jokowi mengaku menerima undangan makan siang. "Saya diundang makan siang sama Kiai," ucap Jokowi.

Ada beberapa hal yang dibicarakan. Salah satunya, kata Jokowi yaitu bicara soal hasil survei internal.

"Ya tadi bicara sedikit mengenai hasil survei yang ada," kata Jokowi usai makan siang bersama Ma'ruf.

2 dari 5 halaman

SBY dan Prabowo Makan Nasi Goreng Bersama

Pertemuan SBY dan Prabowo di Cikeas. ©2017 Merdeka.com

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Prabowo Subianto seringkali melakukan santap bersama, mulai dari makan nasi goreng bersama sampai minum kopi bersama.

Pada 2017, SBY mengajak Prabowo untuk makan nasi goreng di kediamannya di Mega Kuningan. Kemudian pada 30 Juli 2018, Prabowo mengajak SBY untuk minum kopi bersama di kediaman Prabowo di Jl Kertanegara, Jakarta Selatan.

Pertemuan keduanya membicarakan mengenai koalisi Partai Demokrat dan Gerindra pada pilpres 2019.

3 dari 5 halaman

Prabowo Makan bersama Emak-Emak

Prabowo bersama emak-emak. ©2018 Merdeka.com

Prabowo mentraktir emak-emak pendukungnya bertepatan dengan ulang tahunnya ke-67. Acara itu diwarnai dengan acara potong tumpeng sederhana di Jalan Kertanegara, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/10).

Perayaan ini diunggah melalui postingan akun twitter resmi Partai Gerindra @Gerindra. Terlihat dalam unggahan foto saat Prabowo dikelilingi sejumlah emak-emak pengagumnya.

Prabowo menyempatkan diri berfoto bersama dengan para pendukungnya sekaligus berbincang dengan para pedagang Pujasera Blok M.

4 dari 5 halaman

Makan Bersama dengan 9 Sekjen Partai Pendukung

Sekjen Koalisi Jokowi. ©2018 Liputan6.com/Nanda Perdana

Jokowi pernah makan bersama sembilan sekretaris jenderal partai politik pendukungnya. Acara makan-makan itu digelar di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat.

Ragam kuliner nusantara disajikan untuk menemani kumpul, seperti nasi goreng, sate Padang, bubur Jawa Barat, bakso dan pisang hijau khas Sulawesi Selatan.

Ragam makanan itu dijadikan sebagai simbol kerja sama kesembilan partai pendukung Jokowi. Saat itu tengah membicarakan penyusunan tim kampanye.

5 dari 5 halaman

Jokowi Makan Bersama Megawati

Jokowi makan bersama Megawati. ©Setpres RI/Laily

Jokowi juga seringkali makan bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Seperti pada tahun 2017. Jokowi dan Mega makan siang di Istana. Salah satu menunya adalah mi.

"Tadi makanannya sudah lihat semua, mi. Tapi bukan saya yang masak, yang membawa dari ibu (Megawati). Beliau membawa bakmi godok dan bakmi goreng, dimakan di istana," kata Jokowi waktu itu.

Makanan yang dibawa Mega adalah sebuah traktiran untuk Jokowi. Sembari makan, mereka berbincang tentang masalah makro ekonomi, berkaitan dengan politik nasional dan yang bersifat sosial. Tak hanya itu, saat itu keduanya juga menyinggung soal situasi politik jelang puncak Pilkada Serentak 15 Februari 2017. [has]

Baca juga:
Sandi Siapkan Jawaban Jika Kasus Pelanggaran HAM Prabowo Disinggung Saat Debat
Mimpi Sandi, Sejuta Pengusaha Baru dan 5 Juta Lapangan Kerja di 3 Tahun jadi Wapres
TKN Jokowi Minta KPU Dengar Saran Publik Soal Rekam Jejak Panelis Bambang Widjojanto
Relawan Santri Ngariung Dukung Cawapres Ma'ruf Amin
Ini Alasan Kubu Prabowo-Sandi Tolak Undangan Test Baca Alquran

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini