Politik Genit NasDem, Sudah Gabung Jokowi Tapi Masih Manuver ke Parpol Oposisi

Rabu, 6 November 2019 06:45 Reporter : Syifa Hanifah
Politik Genit NasDem, Sudah Gabung Jokowi Tapi Masih Manuver ke Parpol Oposisi Surya Paloh di Markas PKS. ©2019 Liputan6.com/Ditto Radityo

Merdeka.com - Partai NasDem belakangan gencar melakukan safari politik ke parpol oposisi. Spekulasi mulai beredar jika NasDem mulai bermanuver untuk Pemilu 2024 nanti.

NasDem sudah melakukan pertemuan dengan PKS yang konsisten menjadi partai oposisi. Kemudian NasDem akan melanjutkan safari politik ke beberapa partai oposisi lainnya.

Seperti diketahui NasDem bergabung dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dan sudah mendapat jatah tiga kursi menteri. Mungkinkah NasDem akan membuat poros untuk Pemilu 2024? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Bertemu PKS

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pada Rabu (30/10) menyambangi DPP PKS. Surya Paloh bertemu langsung dengan Presiden PKS Sohibul Iman. Elite parpol ini terlihat sangat akrab walau keduanya berbeda. Seperti diketahui NasDem bergabung dalam pemerintahan sedangkan PKS menjadi partai oposisi.

Banyak yang berspekulasi jika pertemuan NasDem dan PKS untuk membangun koalisi. Namun Surya Paloh mengatakan, pertemuan dengan PKS belum membahas membangun koalisi. Karena, antara Partai NasDem dan PKS hanya ingin membangun pendidikan politik di Indonesia.

"Belum, belum ada (ingin buat koalisi), itu belum, kita bahas proses pendidikan politik dulu," katanya di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Ada juga yang menduga pertemuan NasDem dengan PKS untuk Pemilu Presiden 2024 nanti. Namun, Surya Paloh menepis anggapan kunjungannya ke DPP PKS, terkait konsolidasi koalisi untuk Pemilu Presiden 2024.

"Mengenai 2024 masih lama sekali. Kami doakan semoga seluruh keluarga besar PKS sehat semua, energi positifnya menonjol demikian juga NasDem. Dengan motivasi ini kami lihat apa yang bisa dilakukan bersama," kata Paloh.

2 dari 4 halaman

Akan Bertemu PAN Akhir November

Usai bertemu PKS, Partai NasDem melanjutkan safari politiknya. Kali ini, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, akan melakukan pertemuan dengan petinggi Partai Amanat Nasional (PAN).

"Dengan PAN kita akan ketemu akhir November. Ini kita lagi sibuk NasDem akan menggelar hajatan mau kongres minggu depan," kata Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (2/11).

3 dari 4 halaman

Berencana Bertemu Partai Demokrat

Usai bertemu PKS dan dijadwalkan bertemu PAN akhir November ini, Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya mengatakan NasDem juga berencana bertemu dengan Demokrat.

Namun, Willy belum bisa memastikan kapan pertemuan itu terlaksana. "Sejauh ini masih agenda. Makanya tadi saya bilang masih tentatif," ucapnya, Sabtu (2/11).

4 dari 4 halaman

Diingatkan Jangan Main Politik Dua Kaki

Ketum Partai NasDem Surya Paloh bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman pada Rabu (30/10). Kemudian NasDem menjadwalkan akan bertemu PAN. Karena itu, Wasekjen PDI Perjuangan (PDIP), Arif Wibowo mengingatkan parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf tidak bermain politik dua kaki.

NasDem sendiri merupakan bagian partai pendukung pemerintah yang mengusung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Sementara, PKS tetap konsisten menjadi oposisi.

"Kami meminta kepada semua partai koalisi untuk taat azas, untuk menjaga sikap dan tindakan yang etis sebagai partai koalisi pemerintahan. Dengan demikian tidak boleh seharusnya politik dua kaki itu dihindari oleh setiap partai koalisi pendukung pemerintah," kata Arif di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10).

Arif menyebut, kewajiban terpenting parpol koalisi pemerintah adalah menjaga pemerintahan Jokowi-Ma'ruf agar sukses, efektif menjalankan tugas pokok fungsi dan tanggung jawabnya untuk lima tahun ke depan.

"Dengan demikian seharusnya sudah tidak ada lagi proses tawar menawar. Namanya komitmen itu ada loyalitas dan kesetiaan," ucapnya. [dan]

Baca juga:
Undang ke Kongres, NasDem Anggap Anies Orang Dalam
Kongres NasDem akan Kukuhkan Lagi Surya Paloh Menjadi Ketua Umum
NasDem Soal Pertemuan Surya Paloh dan PKS: Upaya Menyelamatkan Demokrasi
NasDem Soal Pertemuan Surya Paloh dan PKS: Upaya Menyelamatkan Demokrasi
PDIP Soal Pertemuan NasDem dan PKS: Kami Tidak Mencampuri Partai Lain

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini