PKS Terus Penjajakan ke Berbagai Partai untuk Koalisi Pemilu 2024

Jumat, 14 Januari 2022 15:36 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PKS Terus Penjajakan ke Berbagai Partai untuk Koalisi Pemilu 2024 Wasekjen DPP PKS Ahmad Fathul Bari. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Sekretaris Jenderal PKS Ahmad Fathul Bari mengaku partainya terus melakukan penjajakan ke berbagai partai untuk pemilu 2024. Jika pemilu sudah dekat, PKS bakal menyampaikan partai mana yang akan di ajak berkoalisi.

"Komunikasi dan penjajakan terus dilakukan ke berbagai partai, baik secara formal atau informal. Jika sudah final dan waktu Pemilu sudah dekat, tentu akan disampaikan dalam forum dan waktu yang tepat," katanya lewat pesan tertulis, Jumat (14/1).

Fathu mengungkapkan, PKS terus berkomunikasi kepada semua partai politik, terutama yang memiliki kursi di DPR RI. Dia bilang, silaturahmi Kebangsaan yang sebelumnya dilakukan PKS menjadi salah satu sarana komunikasi formal di awal Kepengurusan DPP PKS periode 2020-2025.

"Setelah itu, pembicaraan yang mengarah ke Pemilu 2024 tentu terus kami lakukan," tandasnya.

Sebelumnya, Hasil Musyawarah Majelis Syuro PKS memutuskan untuk membangun koalisi Pilpres 2024 dengan karakter nasionalis-religius. Sidang Majelis Syuro itu digelar pada Kamis (12/1).

"PKS akan membuka diri dan membangun komunikasi dengan seluruh parpol dan para tokoh bangsa untuk membangun titik temu dalam mengusung presiden dan wakil presiden RI yang memiliki karakter nasionalis religius," ujar Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri saat konferensi pers, Kamis (13/1).

PKS mendekati partai untuk mengusung calon presiden dan calon wakil presiden dengan sejumlah kriteria.

"Berkomitmen untuk menegakkan kedaulatan wilayah dan demokrasi, sumber daya alam, pangan, energi dan ekonomi. Serta tidak tunduk terhadap kepentingan pihak asing, mendukung agenda pemberantasan korupsi, serta sosok negarawan yang mempersatukan seluruh elemen bangsa yang tidak memecah belah bangsa," ujar Salim.

Namun, ia belum mau mengungkapkan partai mana yang tengah didekati. Salim mengatakan sudah dalam proses finalisasi. Diharapkan segera ada titik temu di tahun 2022 ini.

"Jadi kita lagi terus melakukan pendekatan. Mereka melakukan pendekatan juga, tapi sampai sekarang belum final. Mudah-mudahan dalam dekat terutama di tahun 2022 ini mudah-mudahan sudah ada titik temu," ujar Salim.

PKS menginginkan tidak hanya dua pasangan calon presiden saja yang bertarung di 2024. Salim mengatakan akan mengumumkannya jika sudah final.

"Kami berharap mudah-mudahan tidak seperti di 2019 hanya dua calon kita mengharapkan mudah-mudahan ada tiga calon di Pilpres ini sehingga tidak terjadi pembelahan bagi bangsa. Kita sudah on the track nanti akan kita kabarkan lagi jika sudah jelas nama-nama tersebut," ujar Salim.

Baca juga:
PKS Ingin Bentuk Koalisi yang Mempersatukan Bangsa
PKS Bangun Koalisi Nasionalis-Religius, Tengah Difinalisasi
Koalisi Capres dan Parpol Dinilai Ideal Dilakukan Sejak Awal
NasDem Nilai Isu Pilpres 2024 Dibahas Sejak Awal Buat Masyarakat Apatis
Dorong 3 Poros Pilpres, PKS Komunikasi dengan Parpol Islam, Golkar & Demokrat
Dukung Koalisi Lebih Awal, PKB Akui Sudah Bertemu PKS, Gerindra dan Golkar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini