PKS Sebut Elektabilitas Bisa Naik Karena Sering Interaksi dengan Publik

Rabu, 6 Januari 2021 17:40 Reporter : Rifa Yusya Adilah
PKS Sebut Elektabilitas Bisa Naik Karena Sering Interaksi dengan Publik Mardani Ali Sera. ©Istimewa/PKS

Merdeka.com - Survei elektabilitas partai politik di awal tahun 2021 yang dilakukan oleh Vox Populi Research Center menunjukkan elektabilitas beberapa partai mengalami penurunan. Misalnya PDIP dan Gerindra pasca penangkapan dua Menteri dari partainya itu yang tersangkut kasus korupsi. Elektabilitas PAN juga terus turun hingga 0,9 persen.

Namun elektabilitas Partai Keadilan Sejahtera malah naik hingga 8,1 persen per Oktober 2020. Padahal pada bulan Juni lalu baru mencapai 5,3 persen.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menyatakan bahwa naiknya elektabilitas PKS menunjukkan bahwa persepsi publik terhadap PKS semakin baik. Selain itu, kata dia, meningkatnya elektabilitas disebabkan oleh tingginya interaksi publik antara anggota fraksi dengan publik.

“Naik turunnya suara parpol dipengaruhi oleh persepsi dan interaksi publik di lapangan,” kata Mardani Ali Sera kepada merdeka.com, Rabu (6/1).

Sementara itu, turunnya elektabilitas PDIP dan Gerindra menurutnya bukan hanya menjadi pelajaran berharga bagi kedua partai tersebut, juga akan menjadi masukan dan pelajaran berharga bagi PKS.

Untuk itu, PKS dengan tegas akan tetap bekerja melayani masyarakat demi kebaikan bersama. Dia juga dengan bangga menegaskan bahwa PKS akan tetap menjadi oposisi.

“Turunnya elektabilitas 2 partai itu akan jadi pelajaran bagi mereka. Kenaikan ini memberi feed back bahwa kerja-kerja menjadi pelayan rakyat kian terasa. Baik untuk advokasi kebijakan publik, seperti menjadi #KamiOposisi yang tegas. Maupun pilihan kami yang menolak RUU Omnibus Law. Ini jadi masukan berharga buat PKS,” terangnya.

Meskipun begitu, dia menilai bahwa naik atau turunnya suatu elektabilitas parpol merupakan hal yang wajar. “Fenomena biasa itu, elektabilitas parpol naik dan turun. Yang perlu dilihat sebenarnya party ID, adakah masyarakat yang memiliki ikatan dengan parpol. Beberapa survei lembaga lain, Party ID turun di masa pandemi ini,” ujarnya.

Selain PKS, elektabilitas partai Demokrat dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga naik. Sementara itu, sebagian besar Parpol elektabilitasnya cenderung stabil, seperti Golkar (9,8 persen-8,7 persen-8,4 persen), PKB (6,4 persen-5,9 persen-5,5 persen), NasDem (4,3 persen-3,8 persen-3,6 persen), dan PPP (2,7 persen-2,0 persen-2,1 persen).

Baca Selanjutnya: Sekretaris Partai Persatuan Pembangunan (PPP)...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Survei
  3. PKS
  4. PPP
  5. Jakarta
  6. Mardani Ali Sera
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini