PKS Nilai Janji Anies Pada 2019 Tak Berlaku di Pilpres 2024

Rabu, 5 Oktober 2022 19:42 Reporter : Alma Fikhasari
PKS Nilai Janji Anies Pada 2019 Tak Berlaku di Pilpres 2024 Mardani Ali Sera. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera angkat suara soal video Anies Baswedan yang tidak akan bersaing dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) karena tak mau berkhianat. Dia menilai, video tersebut konteksnya Pilpres 2019 lalu.

Seperti diketahui, dalam sebuah wawancara Anies meminta semua pihak tak berharap dirinya menyatakan bersedia maju nyapres, terlebih menjadi poros ketiga. Anies menyebut hal ini menjadi komitmennya dengan Prabowo.

“Kayaknya ini (video) itu buat 2019. Kan Mas Anies dulu itu diajak-ajak biar maju kontestasi 2019, dan Mas Anies memegang janji itu,” kata Mardani Ali, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10).

2 dari 4 halaman

Oleh karena itu, video tersebut tak berlaku pada Pemilu 2024. Yang mana, Anies Baswedan saat ini sudah menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai capres pada kontestasi demokrasi di 2024.

"Kalau sekarang kan Mas Anies sudah tuntas, 5 tahunnya. Kan janji Mas Anies tuntas 5 tahun. Sudah bagus. Artinya, term of conditionnya sudah tidak ada lagi. Jadi udah tidak berlaku,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024.

3 dari 4 halaman

Anies hadir secara langsung ketika calon presiden NasDem diumumkan oleh Surya Paloh. Anies duduk di kursi paling depan bersama Surya Paloh.

"Yang dicari Nasdem adalah yang terbaik dari terbaik. Inilah kenapa akhirnya NasDem memilih sosok Anies Baswedan," kata Surya di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

Surya Paloh mengatakan, sosok Anies sejalan dengan visi misi NasDem dalam membangun bangsa Indonesia. "Kami punya keyakinan pikiran dalam perspektif makro maupun mikro sejalan dengan apa yang kami yakinkan," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Menurut Paloh, Indonesia membutuhkan Presiden yang bisa membentuk bangsa yang bermartabat dan berkarakter. Paloh meyakini Anies adalah orang yang tepat mewujudkan cita-cita tersebut.

"Bangsa ini ke depan Insyaallah jika Anies Baswedan terpilih sebagai presiden menjadi bangsa bermartabat bangsa yang membentuk karakter dari bangsa ini," kata dia. [fik]

Baca juga:
Akbar Tandjung Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden
PKS Ungkap Nama Cawapres Potensial untuk Dampingi Anies Baswedan
Ketua DPW Sumbar Bicara Kemungkinan PKS Usung Anies: Kita Tunggu Ya
NasDem Deklarasi Anies, Airlangga: Golkar Fokus KIB
Anies Terseret Kasus Formula E jadi Alasan PKS Tak Deklarasi Capres Bareng NasDem
PKS Sebut Anies Cocok Didampingi Khofifah atau Ganjar di Pilpres 2024
PKB Nilai NasDem Deklarasi Capres untuk Incar Suara Pendukung Anies

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini