PKS Jawab Sindiran Luhut: Bukan Politisasi Pandemi, Tapi Jalankan Fungsi Kontrol

Kamis, 15 Juli 2021 17:36 Reporter : Ahda Bayhaqi
PKS Jawab Sindiran Luhut: Bukan Politisasi Pandemi, Tapi Jalankan Fungsi Kontrol Mardani Ali Sera. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta saat pemerintah menangani pandemi Covid-19 jangan ditambah masalah kepentingan politik demi popularitas. Luhut bilang, pemerintah dan tenaga kesehatan sudah lelah.

Menanggapi hal ini, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera setuju dengan pernyataan Luhut bahwa jangan ada yang menunggangi pandemi dengan politik. Namun, ia mengingatkan fungsi kontrol publik terhadap pemerintah perlu tetap berjalan.

"Setuju jangan dipolitisasi. Tapi fungsi kontrol tetap berjalan," ujar Mardani melalui pesan singkat, Kamis (15/7).

Anggota Komisi II DPR RI ini mengingatkan, fungsi kontrol diperlukan agar pemerintah berada di jalur yang benar. Kritik itu menjadi hal yang penting.

"Bagaimanapun adagium, power tends to corrupt tetap bisa berlalu. Justru fungsi kontrol yang menjaga Pemerintah tetap pada jalur yang benar. Jadi, tetap harus dikontrol," ujar Mardani.

Mardani mengatakan, pemerintah perlu mendengar kritik masyarakat. Biarkan masyarakat yang menilai sendiri apakah kritik itu sebuah politisasi atau tidak.

"Tugas pemerintah menjaga masyarakat. Dan biarkan publik yang menilai segala kritik," katanya.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, bahwa penanganan pandemi Covid-19 melelahkan. Dia tidak ingin penanganan yang lelah ini ditambah masalah dengan adanya kepentingan politik maupun popularitas.

"Semua lelah, saya ulangi semua kita lelah, itu teman teman prajurit yang di bawah itu lelah, udah satu setengah tahun mereka kerja," katanya saat jumpa pers virtual, Kamis (15/7).

"Jadi jangan lagi kita tambahin masalah karena kepentingan politik kita, kepentingan popularitas kita, jangan kita popularitas daripada masalah kemanusiaan, saya titip lagi itu," tegasnya.

Luhut menegaskan, saat ini virus varian delta sudah menjalar dan tidak diketahui apakah akan ada varian lainnya. Maka dari itu, dia meminta penanganan pandemi jangan dipolitisasi.

"Saya ingin mengingatkan ini baru jutaan varian delta, apa mungkin ada varian lain we never know, kita enggak tahu jadi jangan ada dipolitisasi nih," tegas Koordinator PPKM Darurat ini. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini