PKB Soal Blusukan Mensos Risma: Acting Perlu, Tapi Action Harus Lebih Nyata

Rabu, 6 Januari 2021 18:40 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
PKB Soal Blusukan Mensos Risma: Acting Perlu, Tapi Action Harus Lebih Nyata Mensos Tri Rismaharini sambangi tunawisma. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Aksi Menteri Sosial Tri Rismaharini menyambangi tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta menuai pro kontra. Ada yang memuji dan mengkritik. Ketua DPP PKB Ahmad Iman menilai Risma perlu aksi nyata untuk membuktikan aksinya tersebut tidak hanya akting belaka.

"Asal apa yang dilakukan Bu Risma untuk kepentingan rakyat artinya harus ada solusinya gitu loh. Acting perlu, tapi action lebih nyata itu penting," kata Iman saat dihubungi merdeka.com, Rabu (6/12).

Iman mengingatkan Risma bahwa Indonesia bukan hanya Jakarta. Untuk itu, dia meminta mantan Wali Kota Surabaya itu untuk blusukan ke seluruh pelosok negeri.

"Problemnya kemiskinan ada, tapi aksinya apa? apa solusinya?. Indonesia bukan Jakarta, dari Merauke dan Sabang. Dari Miangas sampai Pulau Rote. Blusukan harus menasional," ujar dia.

Publik ada mengkritik aksi blusukan Risma itu politis dan pencitraan. Sebab, Mensos punya tugas utama Risma di masa pandemi Covid-19 untuk mengawasi Bantuan Sosial (Bansos). Bukan mengurus tunawisma yang menjadi tugas Pemerintah Provinsi DKI.

Menurut Iman, Risma perlu membuktikan bahwa apa yang dilakukan tak sekadar pencitraan. Untuk itu, perlu ada solusi konkret dan aksi nyata dari Risma untuk mengatasi masalah ketimpangan sosial di Indonesia.

"Jangan cuma belanja masalah, karena kemiskinan pasti sudah ada datanya. Kemensos tinggal update dikit, tapi langsung actionnya," tegas dia.

Kalau saya pribadi melihat, Risma harus menindaklanjuti dengan solusi. kalau solusi enggak konkret, enggak jelas, berarti benar pencitraan, tapi kalau bisa mengatasi masalah sosial di Indonesia berarti konkret, berarti bukan pencitraan. Tinggal actionnya saja," tutup Iman.

Baca Selanjutnya: DPRD DKI Minta Risma Fokus...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini