PKB Siap Gabung Koalisi Golkar-PPP-PAN, Cak Imin: Asal Capresnya Saya

Minggu, 22 Mei 2022 18:06 Reporter : Ahda Bayhaqi, Erwin Yohanes
PKB Siap Gabung Koalisi Golkar-PPP-PAN, Cak Imin: Asal Capresnya Saya Airlangga, Zukifli Hasan dan Suharso Monoarfa Gelar Pertemuan. ©2022 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar siap bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun dengan syarat, diusung menjadi calon presiden 2024.

Untuk diketahui, Koalisi Indonesia Bersatu digagas Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Saya siap bergabung asal capresnya saya," ujar Muhaimin, Minggu (22/5).

Syarat koalisi dengan PKB ini disampaikan Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin Inskandar, usai menghadiri acara Doa Bersama Ulama dan Habaib Untuk Perdamaian Dunia di Surabaya, Minggu (22/5).

Wakil Ketua DPR RI ini mengapresiasi terbentuknya koalisi tersebut. Tapi untuk capresnya, dia mengaku belum bisa memprediksi.

"Saya menyambut baik itu, moga-moga nanti calonnya sama. Tidak tahu capresnya siapa," katanya.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini menyatakan, PKB sangat terbuka untuk menjalin komunikasi dengan partai manapun dalam menyongsong Pemilu 2024.

"Kita terus menjalin komunikasi di DPR. Tapi secara khusus belum. Kita terbuka," katanya.

2 dari 3 halaman

Cak Imin Pede jadi Capres

Cak Imin kembali menegaskan kesiapannya maju sebagai capres pada Pemilu 2024. Safari politik rajin dilakukan untuk mendapatkan dukungan dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurutnya, saat ini, PKB memiliki modal sekitar 10 persen. Sehingga, untuk bisa maju sebagai capres diperlukan tambahan sekitar 10 persen lagi kursi di Parlemen.

Dia mengklaim banyak dorongan dari berbagai kalangan, terutama warga nahdliyin yang menginginkan dirinya maju sebagai capres pada Pemilu 2024 mendatang.

"Insyaallah kita siap bersama-sama mensukseskan pemilu dan maju sebagai capres. Itu keinginan sebagian besar warga kita, terutama nahdliyin dan nahdliyat supaya kita punya presiden yang mewakili warga nahdliyin," tuturnya.

Karena itu, sebagai ketum PKB, dirinya akan terus berikhtiar agar harapan masyarakat tersebut bisa terwujud agar dirinya menjadi capres.

“Dalam survei-survei terakhir kita sudah di posisi 2, bersaing dengan Gerindra. Kita berharap pada 2024 nanti, kita minimal bisa merebut juara dua, syukur bisa terus melaju,” harap Gus Muhaimin.

3 dari 3 halaman

Golkar Pede Airlangga Capres KIB

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily yakin Ketua Umumnya Airlangga Hartarto akan diusung sebagai calon presiden oleh koalisi bersama PPP dan PAN. Untuk diketahui, Partai Golkar, PAN dan PPP sepakat untuk menjalin koalisi pada pemilu 2024. Mereka pun menamakannya sebagai Koalisi Indonesia Bersatu.

Salah satu alasan Ace meyakini Airlangga bakal diusung sebagai capres karena peran Partai Golkar dalam koalisi.

"Ya Golkar kan sebagai partai terbesar di koalisi itu, itu penting," ujar Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5).

Golkar masih memegang teguh hasil Munas. Yakni mendorong Airlangga untuk diusung sebagai calon presiden.

"Kita masih konsisten hasil Munas Partai Golkar di mana Pak Airlangga sebagai Capres. Tapi tentu kita juga harus mendengarkan pandangan-pandangan parpol lain," kata Ace.

Reporter: Ahda Bayhaqi dan Delvira Hutabarat

Baca juga:
Jubir PAN Jamin Koalisi Indonesia Bersatu Tak Ganggu Pemerintahan Jokowi
Capres dan Cawapres KIB, Ada Airlangga dan Zulkifli Hasan
Jawab PDIP, Golkar Sebut KIB Dibentuk untuk Akhiri Polarisasi
Sekjen PDIP Pilih Fokus Urus Rakyat Ketimbang Bentuk Koalisi Pemilu 2024
PPP Ungkap Syarat Capres dan Cawapres Koalisi Indonesia Bersatu
Airlangga Beberkan Kesamaan Golkar, PAN dan PPP: Pernah Hadapi Krisis dan Pandemi
Airlangga Instruksikan Seluruh DPD Golkar Sukseskan Koalisi Indonesia Bersatu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini