PKB Sebut Banyak Parpol Merasa Memiliki Potensi Jadi Ketua MPR

Jumat, 19 Juli 2019 13:59 Reporter : Sania Mashabi
PKB Sebut Banyak Parpol Merasa Memiliki Potensi Jadi Ketua MPR Abdul Kadir Karding. ©2018 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) belum melakukan pembahasan soal komposisi paket pimpinan MPR periode 2019-2024. Namun, kata dia, sudah banyak partai politik yang merasa memiliki potensi untuk duduk di posisi tersebut.

"Karena kita juga belum tahu sampai sekarang seperti apa sikap masing-masing partai karena belum pernah bertemu. Karena diantara mereka juga banyak yang merasa memiliki kans dan memiliki potensi untuk jadi Ketua MPR," kata Karding saat dihubungi merdeka.com, Jumat (19/7).

Terkait pembahasan pembagian kekuasaan dengan kubu partai politik nonpemerintah, Karding juga menegaskan belum ada pembahasan. Kata dia, jika ada pembahasan soal pembagian kekuasaan, Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pendukung Jokowi harus diikutsertakan.

"Kita ingin sebagai bagian dari politik bangsa kita menjaga persatuan maka kita perlu bertemu, kita perlu bekerjasama, tetapi tidak sampai pada power sharing," ungkapnya.

"Kalau toh sampai pada power sharing, maka tentu akan nanti dibahas bersama khususnya di tingkat partai-partai di tingkat KIK," sambungnya.

Meski begitu, Karding mengingatkan pada partai yang tidak mendukung Jokowi dari awal untuk mempersiapkan diri menjadi oposisi pemerintah. Sebab, kata dia, hal menujukan karakter dari partai.

"Artinya kedepan itu siapapun yang menang dia akan memerintah siapapun yang kalah menyiapkan diri untuk beroposisi. Ini yang ideal," ucapnya.

Sebelumnya, Gerindra membuka diri untuk melakukan rekonsiliasi pasca Pilpres 2019. Salah satu yang paling masuk akal untuk merealisasikan semangat itu, yakni Gerindra meminta jatah kursi Ketua MPR.

Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid mengatakan, hal itu sesuai dengan semangat pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

"Dengan semangat tersebut maka komposisi terbaik adalah Ketua MPR Gerindra, Ketua DPR PDIP, Presiden, Ir Joko Widodo," kata Sodik dalam keterangan tertulisnya yang diterima merdeka.com, Jumat (19/7). [eko]

Topik berita Terkait:
  1. PKB
  2. MPR
  3. Pemilihan Ketua MPR
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini