PKB: Gibran Berhak Maju Pilgub DKI Jakarta

Kamis, 11 Februari 2021 11:53 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PKB: Gibran Berhak Maju Pilgub DKI Jakarta Gibran Rakabuming Raka. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Partai Demokrat menduga ada kepentingan kekuasaan di balik penundaan RUU Pemilu. Demokrat curiga Presiden Joko Widodo ingin mendorong putranya Gibran Rakabuming untuk Pilkada DKI Jakarta. Sebab, tanpa revisi UU Pemilu, Pilgub DKI akan digelar 2024, bukan 2022 seperti dalam draf RUU Pemilu.

Tahun 2022 dianggap terlalu cepat bagi Gibran untuk maju Pilgub DKI. Sehingga Jokowi mendukung Pilkada serentak di 2024.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menilai, semua figur berhak dicalonkan. Termasuk, Gibran bila ikut kompetisi Pilgub DKI.

"Hak siapa pun untuk dicalonkan maupun mencalonkan diri, konstitusi menjamin itu," katanya lewat pesan singkat, Kamis (11/2).

Yang penting, kata Daniel, Gibran memiliki pengalaman yang baik. Serta bisa berhasil mendapatkan simpati masyarakat karena kinerjanya.

"Yang penting siapa pun dia harus dianggap layak dan memiliki track record berhasil di mata rakyat, sosok yang menumbuhkan simpati dan dukungan bukan antipati," ucapnya.

Anggota DPR ini tidak menegaskan apakah Gibran cocok menjadi Gubernur DKI Jakarta. Kata dia, semua tergantung kinerja Gibran jadi Wali Kota Solo sekarang.

"Tergantung (Gibran) kinerja saat ini," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Kecurigaan Demokrat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini