PKB akan inisiasi pertemuan dengan parpol pendukung Ridwan Kamil

Jumat, 27 Oktober 2017 10:56 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
PKB akan inisiasi pertemuan dengan parpol pendukung Ridwan Kamil PPP resmi dukung Ridwan Kamil. ©2017 Merdeka.com/Yunita Amalia

Merdeka.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menginisiasi pertemuan antar partai-partai pendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat. Sejauh ini sudah ada empat partai yakni PKB, PPP, Partai NasDem dan Golkar. Langkah politik ini menyusul kabar Golkar akan segera mendukung pasangan Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien maju Pilgub Jawa Barat.

Ketua Desk Pilkada DPP PKB Daniel Johan mengatakan pertemuan itu akan menggodok beberapa poin. Mulai dari calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil dan strategi pemenangan di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

"Iya PKB (akan inisiasi). Semuanya baik wakil maupun pemenangan," kata Daniel saat dihubungi merdeka.com, Jumat (27/10).

Selain Golkar, PPP telah lebih dulu mendeklarasikan pasangan Emil-Uu Ruzhanul Ulum pada Selasa (24/10). Daniel menuturkan, partainya telah mengingatkan agar calon wakil pendamping Emil, sapaan Ridwan Kamil, dibahas terlebih dahulu bersama partai-partai pendukung.

"Makanya PKB dari awal menyatakan untuk wakil akan dibahas bersama dengan koalisi," terangnya.

Sejauh ini, partai-partai pendukung Emil sudah melakukan komunikasi informal. Namun pertemuan resmi belum pernah digelar. PKB juga ingin menawarkan nama kader sebagai calon wakil gubernur bagi Emil, yaitu Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda.

"Sudah tapi belum formal duduk bareng," tukasnya.

Diketahui, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku telah bertemu dengan pimpinan Partai Golkar. Dalam komunikasi itu, Golkar menyatakan mendukung pasangan Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien maju Pilgub Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengakui komunikasi itu terjadi dengan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto dan Ketua Harian Nurdin Halid. Komunikasi berlangsung pada Selasa (24/10) lalu, saat PPP hendak memberikan surat keputusan (SK) dukungan ke Emil malam harinya.

Emil bercerita, sebelum ke kantor PPP, dia bertemu dengan Novanto dan Nurdin lebih dulu di Jakarta. "Saya sampaikan, PPP nanti malam akan menyampaikan SK. Siangnya saya bertemu DPP (Golkar), sampaikan sedang proses. Tapi (dukungan baru) verbal," kata Emil.

Cerita ini diungkapkan Emil saat berbincang santai dengan merdeka.com, di Pendopo Wali Kota Bandung, Kamis (26/10).

Emil percaya dengan apa yang disampaikan Novanto dan Nurdin Halid. Namun dia menegaskan, sampai saat ini belum pegang surat keputusan Golkar mengusung dirinya dengan Daniel Muttaqien yang juga anak mantan ketua DPD Golkar Jabar Irianto MS Syafiuddin. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini