KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pilwalkot Bandung, elektabilitas Ayi-Nani paling unggul

Senin, 13 Mei 2013 13:52 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Ayi Vivananda. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika Unpad (PK2S) merilis tingkat elektabilitas kandidat dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013. Pasangan incumbent Ayi Vivananda - Nani Rosada memiliki elektabilitas teratas.

Ayi-Nani meraih 17,76 persen disusul Edi Siswadi-Erwan Setiawan dengan 12,24 persen.

Selanjutnya ada pasangan calon nomor urut 4 yakni Ridwan Kamil-Oded M Danial dengan 6,41 persen, Mq Iswara-Asep Dedy 2,65 persen, Bambang-Alex 2,18 persen, Budi-Rizal 2,06 persen, Wawan-Sayogo 0,41 persen, dan paling buncit Wahyudin-Toni dengan 0,18 persen.

Menurut Ketua Ketua PK2S Toni Toharudin, survey diselenggarakan pada akhir Maret hingga pertengahan April 2013 dengan menggunakan disain two-way stratification sampling.

"Kami mengambil responden di seluruh kecamatan yang ada di wilayah kota Bandung dan juga dengan pertimbangan pekerjaan responden," kata Toni di Bandung, Senin (13/5).

Adapun ukuran sampel yang diambil dalam survei ini adalah sebesar 1700 responden dengan margin error 2,5 persen. Dia memprediksi pemilih dalam Pilwalkot ini cukup tinggi.

"Partisipasi publik dalam menentukan pemimpin sebesar 91,68 persen dan apabila dilakukan pemilihan dalam dua putaran, tingkat partisipasinya masih cukup tinggi yaitu sebesar 81,12 persen," tandasnya.

Dia menambahkan melihat hasil survei yang ada bahwa tingkat elektabilitas masih didominasi oleh calon dari partai. "Untuk independen semua harus bisa menawarkan para calon dalam menarik hati pemilih dilihat dari visi dan misi para calon dan juga berbagai program realistis yang akan di tawarkan," ucapnya. [tts]

Topik berita Terkait:
  1. Bandung
  2. Pilwalkot Bandung

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.