Pesan Megawati ke Kader PDIP yang Sakit Hati

Rabu, 2 September 2020 19:54 Reporter : Ahda Bayhaqi
Pesan Megawati ke Kader PDIP yang Sakit Hati Rekomendasi Buku Ala Megawati. ©2020 Merdeka.com/Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkap, ketika terpilih kembali sebagai ketua umum dalam Kongres, sebetulnya mengedarkan tiga nama sebagai calon ketua umum. Namun, Megawati lagi yang terpilih di Kongres PDIP.

"Kita secara demokratis tetapi terpimpin, saya bilang silakan pilih. Kalau bisa tiga nama. Seperti kemarin saya edarkan tiga nama, tetap saja yang masuk Megawati Soekarnoputri," kata Megawati ketika pengumuman calon kepala daerah PDIP, Senin (2/9).

Meski begitu, ia berterima kasih masih dipercaya memimpin partai berlambang banteng itu.

"Oleh Kongres partai beban saya karena ditugasi sehingga saya mendapatkan hak prerogatif. Itulah demokrasi terpimpin," kata Megawati.

Megawati juga mengungkap bahwa sampai hari ini masih ada yang mendorongnya maju sebagai calon presiden. Dia menganggap dorongan tersebut hanya guyonan belaka. Sebab dia tidak ingin berpolitik demi ambisi pribadi.

"Ada yang bilang, ibu, kenapa ibu nggak mau jadi presiden lagi? Saya hanya ketawa-ketawa saja. Enak saja kamu manas-manasin saya. Karena itulah, kita harus meluruhkan yang namanya keinginan pribadi kita di partai politik itu," kata dia.

Demikian pula rekomendasi kepada calon kepala daerah diberikan untuk kepentingan yang lebih luas.

"Boleh saja marah secara pribadi kepada saya, tetapi jangan saya sebagai ketua umum. Karena saya dijadikan ketua umum itu oleh kalian dalam sebuah institusi tertinggi partai yang namanya Kongres Partai. Kalian semua mengikuti, kita secara demokratis tetapi terpimpin," kata Mega.

Dia mencontohkan ketika memberikan rekomendasi kepada Joko Widodo di Pilpres 2024. Presiden Kelima RI ini menilai Jokowi sosok yang tepat.

"Insyaallah pilihan saya, karena saya mencarinya dengan hati yang bersih, bukan secara pragmatis. Melihat Pak Jokowi itu kalau dipikirkan dulu dibilang siapa Jokowi. Orang bilang itu hanya kan insinyur, pengusaha furniture. Tetapi kan itulah yang saya katakan, saya tidak akan sembarangan mencari orang. Bukan demi Pak Jokowi seperti sekarang, tapi demi pemimpin bangsa ini dapat membawa arah perjuangan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia," pungkas Megawati. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PDIP
  3. Megawati Soekarnoputri
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini