Pengundian nomor urut 4 paslon Pilgub Kaltim diwarnai ricuh jurnalis televisi

Selasa, 13 Februari 2018 16:41 Reporter : Nur Aditya
Nomor urut 4 pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim. ©2018 Merdeka.com/Nur Aditya

Merdeka.com - Empat pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, hari ini mengambil nomor urut, yang berlangsung di ball room Hotel Mesra Internasional, Samarinda. Di sela rapat pleno terbuka KPU Kalimantan Timur itu, sempat diwarnai ricuh jurnalis televisi.

Pleno sedianya dimulai pukul 10.30 WITA. Jurnalis dan pewarta foto, yang awalnya berada di sisi kiri panggung yang tempati 5 komisioner KPU Kaltim, diminta untuk bergeser ke depan panggung.

Sontak saja, permintaan itu menuai protes jurnalis. Salah seorang di antaranya adalah jurnalis televisi nasional. Dia bahkan naik ke atas panggung podium, protes mendekati meja kelima komisioner.

Dua hingga tiga petugas, terpaksa mengamankan sang jurnalis televisi itu. Praktis, kedatangan sang jurnalis televisi itu, mengundang riuh sorak kecil dari para pendukung keempat pasangan calon.

"Gambar (video) tidak bagus kalau diambil dari pinggir," ujar jurnalis televisi nasional itu.

Komisioner KPU Kalimantan Timur Rudiansyah mencoba menengahi kericuhan itu. "Rekan-rekan media silakan di tengah (depan panggung). Nanti akan ada sesi pengambilan gambar baik itu video dan foto," sebut Rudiansyah.

Akhirnya, pleno pun dimulai. Satu per satu pasangan, mendapatkan nomor urut. Pasangan Andi Sofyan Hasdam-Nusyirwan Ismail yang diusung Golkar dan Nasdem dapat nomor urut 1. Sementara Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat yang diusung Demokrat, PPP dan PKB, mendapat nomor urut 2.

Berikutnya, Isran Noor-Hadi Mulyadi jagoan dari Gerindra, PAN dan PKS dapat nomor urut 3. Sedangkan Rusmadi dan Safaruddin yang diusung PDIP dan Hanura, mendapatkan nomor urut 4.

"Satu orang dijaga 4 personel. Jadi tiap pasang calon ada 8 personil memberikan pengamanan melekat, sampai Pilkada selesai," kata Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyan. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini