Pengamat: Soetrisno Bachir Tokoh Muhammadiyah, Layak Jadi Menteri Jokowi

Selasa, 14 September 2021 10:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pengamat: Soetrisno Bachir Tokoh Muhammadiyah, Layak Jadi Menteri Jokowi Soetrisno Bachir diperiksa KPK. ©2014 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - PAN menyodorkan nama Soetrisno Bachir sebagai calon menteri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sosok pria yang akrab disapa Tris itu dinilai layak bergabung dengan kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo menilai, sosok Soetrisno akan dipercaya oleh Jokowi. Hal tersebut, kata dia, terlihat dari rekam jejak yang dimiliki Soetrisno mendukung Jokowi pada pemilu 2014 maupun 2019.

"Pak Soetrisno malah yang membela Pak Jokowi, yang mendukung Pak Jokowi waktu itu baik itu di 2014 maupun 2019. Padahal PAN ada di kubu Pak Prabowo. Kalau menurut saya dari track recordnya ini jelas Pak Jokowi akan sangat percaya pada Pak Soetrisno karena loyalitasnya sudah teruji di dua pemilu," katanya kepada merdeka.com, Selasa(14/9).

Walaupun sempat kecewa pada 2018 dan tidak akan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, tetapi hal tersebut mereda. Soetrisno pun kembali mendukung Jokowi.

"Beliau tetap dukung Pak Jokowi, sempat kecewa tapi baikan lagi. Kalau menurut saya Pak Soetrisno Bachir punya kedewasaan politik yang tidak ngambekan demikian pula Pak Jokowi. Mereka bisa dengan jernih bersikap politik demi agenda-agenda kebangsaan," bebernya.

Kunto juga menilai, sosok Soetrisno sebagai pengusaha, di kalangan masyarakat dinilai bersih serta tidak memiliki cacat politik.

"Pak Soetrisno terkenal tidak punya cacat politik, maupun cacat moral dan etika selama berada di elit politik, baik itu sebagai ketua PAN, maupun politik selama di Indonesia," bebernya.

Tidak hanya dalam sektor perdagangan dam politik, Soetrisno juga, kata Kunto, adalah sosok Muhammadiyah di PAN. Dia menilai, nantinya Soetrisno akan memiliki pengaruh besar.

"Pak Soetrisno Bachir tokoh Muhammadiyah yang ada di PAN dan pengaruhnya besar ke Muhammadiyah. Jadi mungkin kalau Pak Soetrisno Bachir masuk ke kabinet, itu akan menguntungkan pemerintah dukungan dari Muhammadiyah akan semakin besar," bebernya.

Tidak hanya itu, dia juga mengatakan, sosok Soetrisno juga akan mengembalikan loyalitas anggota Muhammadiyah kepada PAN.

"Ke PAN yang selama ini punya masalah ketika Amin Rais membuat partai baru dan sangat mungkin kekuatan Pak Soetrisno Bachir akan mengembalikan loyalitas kader atau anggota Muhammadiyah kepada PAN," bebernya.

Sebab itu, dia menilai sosok Soetrisno menjadi nama yang disodorkan PAN sudah tepat. Begitu pun jika Jokowi memilih Soetrisno.

"Sebagai menteri itu sudah sangat tepat dan mudah-mudahan ini bisa mendongkrak kepercayaan publik terhadap pemerintah, terutama pada persoalan ekonomi dan covid ini dan juga efeknya bisa dinikmati PAN dalam bentuk elektoral, entah itu elektabilitas, maupin popularitas, PAN untuk 2024," pungkasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini