Peneliti LIPI: Airlangga Sosok Capres Netral dalam Arus Polarisasi Pilpres 2024

Selasa, 10 Mei 2022 12:26 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Peneliti LIPI: Airlangga Sosok Capres Netral dalam Arus Polarisasi Pilpres 2024 Pertemuan Surya Paloh dan Airlangga Hartarto. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sosok netral dalam polarisasi politik Tanah Air. Airlangga diyakini bukan bagian dari labelisasi Kadrun maupun Cebong.

Peneliti LIPI, Wasisto Rahardjo Jati mengakui, dibutuhkan sosok untuk meredam polarisasi yang terjadi selama ini. Menurut dia, bakal Capres Airlangga menjadi salah satu kandidat yang bisa dibilang netral dalam dua kutub politik berseberangan tersebut.

"Saya pikir sosok Airlangga sendiri masih dalam kategori netral dalam arus polarisasi tersebut," kata Wasis saat dihubungi merdeka.com, Selasa (10/5).

Namun Wasis menambahkan, posisi netral Airlangga tidak selalu menguntungkan dalam kontestasi Pemilu 2024. Menurut dia, Airlangga perlu mencari sosok yang mampu melengkapi demi meningkatkan popularitas dan elektabilitas.

2 dari 3 halaman

Wasis menyarankan, Airlangga mencari pendamping sebagai calon wakil presiden yang memiliki popularitas tinggi. Di samping itu, Airlangga juga perlu sosok yang dianggap religius oleh masyarakat.

"Namun demikian, netralitas dalam arus politik tersebut membuat Airlangga perlu setidaknya membutuhkan sosok populis maupun religius untuk bisa menaikkan popularitas," jelas Wasis.

Senada, Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno menilai, sosok Airlangga. dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bisa menjadi pilihan untuk mengurangi polarasasi ‘cebong’ dan ‘kadrun’ yang selama ini menghiasi wajah politik nasional Indonesia.

"Bisa saja Airlangga dan AHY itu mengurangi polarisasi. Keduanya tidak masuk dalam lingkungan itu," ujar Adi.

3 dari 3 halaman
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini