Pemilu 2024 Disebut akan Digelar Februari, Komisi II Tegaskan Belum Diputuskan

Senin, 7 Juni 2021 16:06 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pemilu 2024 Disebut akan Digelar Februari, Komisi II Tegaskan Belum Diputuskan Junimart Girsang. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang menjelaskan bahwa tahapan pelaksanaan pemilu serentak 2024 masih dibahas oleh DPR dan pemerintah bersama KPU. Junimart menegaskan, tanggal pelaksanaan belum diputuskan.

Sebelumnya beredar kabar, Komisi II DPR telah sepakat dengan pemerintah akan menyelenggarakan Pilpres dan Pileg yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2024.

Dia mengatakan, tanggal yang beredar di publik belum merupakan keputusan pasti. Lantaran keputusan terkait pelaksanaan pemilu akan diambil dalam rapat bersama Kementerian Dalam Negeri.

"Sedang dalam pembahasan. Karena hasil semua nanti akan diputuskan dalam raker dengan Kementerian Dalam Negeri," kata dia, di kompleks Parlemen, Senin (7/6).

Politikus PDIP itu mengakui, ada tim kerja bersama yang dibentuk untuk membahas tahapan pemilu. Tim yang berisi pimpinan Komisi II dan Kapoksi itu, sebut dia, bersifat nonformal.

"Dibentuklah tim kerja bersama yang sifatnya nonformal sesungguhnya dan bukan konsinyering. Tapi kalau disebut tim kecil, setengah kamar. Itu kan ada di UU. Ini kan tidak," jelas dia.

Karena itu, dia mengaku tak tahu kenapa diskusi dalam tim bersama tersebut kemudian bocor dan menjadi konsumsi publik. Menurut dia, pembahasan di dalam tim bersama seharusnya bersifat tertutup.

"Ini nonformal saja. Diskusi-diskusi kecil yang sifatnya tertutup, tapi enggak tahu kenapa ini bisa bocor ke luar," ujar dia.

Junimart kembali menegaskan, bahwa tahapan pemilu 2024 masih dalam pembahasan. Hasilnya akan dibawa ke Raker dengan Kemendagri untuk diputuskan.

"Dalam pembahasan ada pendalaman, dalam pendalaman tentu ada kesepakatan sementara nanti. Ini yang kita bawa ke Raker dengan Kemendagri. Nanti di Raker diputuskan. Ini sudah ke mana-mana berita. Yang katanya 21 Februari, 27, 28," tandas dia. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini