Pembahasan Implementasi RPJMN Dilakukan di Istana Cipanas

Selasa, 2 Februari 2010 12:50 Sumber :
Pembahasan Implementasi RPJMN Dilakukan di Istana Cipanas
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 dibahas oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, para Gubernur se-Indonesia dan menteri kabinet Indonesia Bersatu II di Istana Cipanas, Cianjur, Selasa.

Pembahasan diawali penjelasan Wapres Boediono dan Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Rapat tersebut kemudian diikuti dengan RPJM oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana.

Pembahasan implementasi RPJMN tersebut akan berlangsung sejak Selasa hingga Rabu mendatang di Istana Cipanas. Peserta rapat tersebut nantinya akan dibagi menjadi enam kelompok kerja.

Keenam kelompok kerja itu masing-masing pokja tata ruang dan climate change, pertahanan, perizinan dan sinkronisasi perundang-undangan sektoral, pokja pangan (Hulu-Hilir), pokja energi, pokja Infrastruktur, pokja program-program pro rakyat, pokja reformasi birokrasi, keamanan, demokrasi, dan penegakan hukum.

Presiden Yudhoyono dalam pengantar rapatnya mengatakan, ada tiga agenda utama dalam rapat tersebut.

"Rapat kerja ini miliki tiga agenda, pertama disampaikan apa yang sudah kita capai dalam 100 hari pertama program pembangunan kabinet," katanya

Hal yang kedua adalah, penjelasan RPJMN 2010-2014 supaya dipahami arah tujuan, agenda dan program lima tahun mendatang

"Yang penting juga, mengapa gubernur hadir dan aktif terlibat merumuskan secara bersama adalah pembahasan isu khusus yang selama ini kita hadapi yang boleh disebut sumber permasalahan untuk rumuskan solusi dan opsi yang kita pandang tepat," paparnya.

Sepanjang Selasa, selain akan didengarkan paparan Wakil Presiden Boediono dan Ketua Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto tentang evaluasi 100 hari, juga akan dipaparkan RPJMN oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana dan diikuti oleh pembentukan pokja dan curah pendapat.

Sementara pada Rabu (3/2), mulai pukul 09.00 WIB, pokja yang terdiri dari menteri, gubernur dan kepala BUMN mulai melakukan perumusan sesuai bidang masing-masing dan pada pukul 14.00 WIB dipaparkan dalam rapat pleno serta diakhiri oleh pencanangan RPJMN oleh Presiden Yudhoyono.

Sesi evaluasi 100 hari kerja kabinet dan curah pendapat pada Selasa berlangsung tertutup.

Seluruh Gubernur dan Menteri Kabinet hadir dalam acara sejak Selasa hingga Rabu. Demikian juga anggota Wantimpres diundang untuk hadir.

Pertemuan berlangsung di sebuah tenda besar yang digelar di halaman belakang Istana Cipanas.(ant/cax)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini