Pekan depan KMP gelar rapat bahas sikap Golkar merapat ke Jokowi-JK

Jumat, 8 Januari 2016 12:44 Reporter : Dieqy Hasbi Widhana
Pekan depan KMP gelar rapat bahas sikap Golkar merapat ke Jokowi-JK jokowi dan ical kunjungi pasar gembrong. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Sikap Partai Golkar merapatkan barisan mendukung pemerintahan Jokowi-JK mendorong Koalisi Merah Putih (KMP) perlu segera menggelar rapat. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menuturkan, rapat KMP kemungkinan digelar dalam waktu dekat.

"Belum (ada komunikasi KMP), mungkin dalam waktu dekat kita akan mengadakan rapatlah awal minggu depan mungkin," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/1).

Plt Ketua DPR tidak menampik, langkah Partai Amanat Nasional (PAN) diikuti Partai Golkar mendukung pemerintah otomatis membuat pengawasan terhadap kinerja Jokowi-JK melemah. Meski begitu, Fadli masih enggan berburuk sangka mengingat Golkar belum menyampaikan sikap resmi berkoalisi dengan partai pendukung pemerintah.

"Tentu akan lebih sedikit akan yang mengawasi kalau itu terjadi. Tapi kan ini masih wacana belum ada sikap resmi. Politik kan dinamis, yang penting nasib demokrasi kita harus dijaga," tegasnya.

Disinggung soal sikap partainya, Fadli kembali menegaskan arahan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk tetap mengambil peran sebagai oposisi pemerintah. Dia menghormati sikap partai lain yang memilih berbalik arah dan menyeberang mendukung pemerintah.

"Kalau itu setiap Parpol memiliki hak menentukan sikap politik menentukan posisi politik. Gerindra sejak awal menyampaikan bahwa Gerinda di luar pemerintahan. Kalau program (pemerintah) itu bagus kita dukung kalau tak memenuhi kebutuhan rakyat ya harus kita koreksi," ucapnya.

Seperti diketahui Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie menggelar rapat koordinasi di Bali, Senin (4/1). Sejumlah rekomendasi dikeluarkan. Mulai dari sikap politik partai sampai persoalan kisruh internal di tubuh partai berlambang beringin tersebut. Anggota Dewan Pertimbangan Partai Golkar kubu Ical Ibrahim Lambong menyebut ada delapan poin penting hasil konsolidasi di Bali. Salah satunya sikap Partai Golkar ke pemerintahan Jokowi-JK.

"Direkomendasikan kepada Rapimnas untuk dibahas agar Partai Golkar mendukung pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla," ujar Ibrahim melalui pesan singkatnya kepada merdeka.com, Selasa (5/1) lalu. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini