PDIP soal Golkar dukung Jokowi: Dukungan parlemen dibutuhkan

Kamis, 7 Januari 2016 21:47 Reporter : Rizky Andwika
PDIP soal Golkar dukung Jokowi: Dukungan parlemen dibutuhkan Hasto Kristiyanto ke KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie menggelar rapat koordinasi di Bali, Senin (4/1) yang menghasilkan beberapa rekomendasi. Salah satu rekomendasinya yaitu Golkar Kubu Ical akan memberikan dukungan ke pemerintahan Joko Widodo.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyambut baik keputusan Golkar Kubu Ical tersebut. Sebab, apabila benar, maka hubungan antara pemerintahan Jokowi dengan parlemen semakin membaik.

"Golkar menyampaikan dukungan ke pemerintah adalah sebagai cermin kebebasan politik Golkar. Tidak ada intervensi di situ. Pada proses dialog di situ kami ingin membangun kekuatan gotong royong bersatu mengejar ketinggalan dengan bangsa lain, iya. Kami lakukan pendekatan-pendekatan politik, iya," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (7/1).

"Kami dedikasikan agar berbagai perbedaan diatasi. Sehingga pemerintah dapat melakukan tugas kerakyatannya. Dukungan parlemen dibutuhkan," tambahnya.

Hasto menjelaskan tahun 2016 merupakan tahun bagi pemerintahan Jokowi menggenjot pembangunan. Oleh sebab itu, tentunya melakukan pembangunan perlu pula mendapatkan dukungan dari parlemen.

Meski begitu, Hasto tak ingin berspekulasi apakah nantinya dukungan dari Golkar itu ada timbal balik yang akan diberikan oleh Jokowi berupa posisi menteri.

"Reshuffle hanya bisa dilakukan atas kehendak presiden. Kami meyakini, ketika reshuffle dilakukan tentu saja melalui pertimbangan matang, aspek evaluasi kinerja menteri, aspek peningkatan efektivitas kinerja pemerintahan, kalkulasi untuk dapat dukungan dari DPR karena itu realitas politik yang ada," tukasnya. [dan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini