PDIP siapkan banyak opsi di Pilgub DKI, termasuk Djarot-Risma

Selasa, 13 September 2016 13:23 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
PDIP siapkan banyak opsi di Pilgub DKI, termasuk Djarot-Risma Djarot diperiksa Bareskrim. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - PDIP hingga saat ini belum menentukan siapa bakal calon gubernur yang akan diusung di Pilgub DKI 2017. Ada rumor, PDIP tengah menimbang pasangan Ahok-Djarot atau Djarot-Risma yang bakal didorong untuk menjadi pimpinan di Ibu kota.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo mengatakan partainya masih membahas kesiapan 100 daerah yang akan menggelar pilkada pada 2017 mendatang. Pilkada DKI, katanya, akan menjadi pembahasan terakhir sambil mengamati peta politik yang berkembang.

"Untuk sekarang ini minggu terakhir memang dalam beberapa waktu lalu DPP fokus pada pilkada-pilkada di daerah lain masih ada yang sisa. Beberapa hari ini kita fokus pada daerah yang belum diputuskan. Nah setelah itu baru mulai serius membahas apa yang diputuskan di pilkada DKI," kata Andreas di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/9).

"Keputusan di ketum, tapi sekarang kita tetap memonitor dan melakukan pemetaan politik di hari-hari terakhir jelang pendaftaran," sambungnya.

Lebih lanjut, Anggota Komisi I DPR ini mengatakan, DPP telah menyiapkan lebih dari satu opsi kandidat calon gubernur DKI. Menurutnya, opsi yang banyak akan mempermudah proses simulasi bakal calon gubernur DKI.

"Dalam pencalonan, kalau DPP persiapkan lebih dari 1 opsi. Sehingga kemudian simulasi akan lebih mudah dilakukan dengan melihat pada peta politik yang berkembang," terangnya.

Sebelumnya, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat yang juga Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi DPP PDIP mengaku hingga kini isu pasangan yang bakal diusung partainya masih dinamis. Menurutnya memang ada wacana Ahok-Djarot atau Risma-Djarot. Namun ternyata Djarot punya pilihan sendiri.

"Ini masih dinamis. Saya pikir ya, saya sebagai kader partai lebih mengetahui DKI dibandingkan Bu Risma. Kalau di balik gimana? Ahok-Djarot atau Djarot-Risma. Sebetulnya kan gitu aja pilihannya," ujar Djarot di Gedung Pelita Air Service, Jakarta Pusat, Sabtu (10/9).

Menurut Djarot, sebenarnya peluang Djarot-Risma punya kans besar di Pilgub DKI. Selain itu, jika pasangan Djarot-Risma yang diusung maka PDIP akan maju sendiri tanpa partai lain karena keduanya merupakan kader PDIP. Jumlah kursi PDIP di DPRD DKI juga mencukupi untuk maju sendiri tanpa koalisi.

"Artinya sebetulnya PDI itu punya kesempatan peluang untuk maju sendiri kan, kita mengusung," ujarnya.

Baca juga:false

PDIP prediksi ada 3 poros yang akan bersaing di Pilgub DKI

Megawati utamakan harga diri, PDIP diyakini tak bakal dukung Ahok

Rizal Ramli sindir Ahok: Rakyat makin susah, jangan dimarahi terus

Dukung Rizal Ramli, PAN punya empat jagoan di Pilgub DKI

Golkar duga ada politisasi di balik warga tolak sapi pemberian Ahok [rnd]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini