PDIP Sebut Penting Calon Menteri dari ASN

Jumat, 18 Oktober 2019 12:23 Reporter : Ahda Bayhaqi
PDIP Sebut Penting Calon Menteri dari ASN Hasto Kristianto. ©2016 merdeka.com/tommy lasut

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan ada lima pintu rekrutmen calon menteri kabinet. Hasto menyebut bukan hanya pintu partai politik saja. Kata dia, agar mendapatkan menteri berkualitas bisa melalui empat jalur lain.

"Guna mendapatkan menteri yang hebat dan berkualitas, maka ada lima pintu rekrutmen calon menteri: Partai Politik, profesional-fungsional, pemimpin daerah, aparatur sipil negara (ASN), dan tokoh masyarakat," ujar Hasto dalam keterangannya, Jumat (18/10).

Hasto mengatakan, penting menteri dari jalur aparat sipil negara (ASN), demi membangun stabilitas dan sistem kepemimpinan di pemerintahan. Hasto mencontohkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menjadi Presiden RI, mengisi beberapa pos strategis untuk ASN.

"Ketika Ibu Megawati menjadi Presiden, ada beberapa pos strategis kementerian yang diambil dari ASN. ASN yang berproses dari bawah, telah teruji kepemimpinan dan integritasnya, layak untuk masuk dalam jabatan kabinet Jokowi. Mereka sosok yang sangat memahami hal ikhwal kementeriannya," kata dia.

Hasto menuturkan, menjadi menteri memiliki tanggung jawab berat, karena tidak hanya terletak pada upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, tetapi juga melakukan investasi masa depan aspek kehidupan bangsa. Karenanya, susunan kabinet penting.

"PDI Perjuangan berpendapat bahwa sosok menteri merupakan bauran sempurna antara kepemimpinan negarawan, profesionalitas, kemampuan teknokratik, dan keteladanan pemimpin," kata dia.

Hingga kini, Jokowi belum memberikan bocoran komposisi menteri yang akan membantunya lima tahun ke depan. Namun Jokowi mengisyaratkan akan ada wajah lama yang dipertahankan, tapi banyak pula wajah baru. Jokowi berencana mengumumkan setelah pelantikan. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini