PDIP Ogah Dukung Petahana Pilkada yang Tak Punya Prestasi

Sabtu, 18 Juli 2020 22:02 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
PDIP Ogah Dukung Petahana Pilkada yang Tak Punya Prestasi Ilustrasi Pilkada. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - PDIP umumkan 45 calon kepala daerah yang bakal diusung pada Pilkada serentak 2020. Para calon tersebut diyakini orang-orang terbaik daerah yang mampu mengemban tugas dengan baik.

Politikus PDIP Deddy Yevri Sitorus mengatakan, para petahana yang kembali diusung partainya sudah tentu memiliki kelebihan. Dalam kepemimpinannya, kata Deddy, telah terbukti melakukan hal-hal konkret pada periode pertama.

Namun, ada juga sejumlah petahana yang tak lagi mendapatkan rekomendasi dari PDIP.

"PDI Perjuangan tidak akan pernah mengusung calon yang tidak punya kinerja baik di periode pertama, biasanya kita meninggalkan calon yang tidak berprestasi atau yang berkhianat terhadap jalan kerakyatan dan ideologi partai," tegas Deddy saat dihubungi, Sabtu (18/7).

Namun Deddy tak menjelaskan detil, mana saja petahana yang tak lagi didukung oleh PDIP di Pilkada 2020. Dia menegaskan, petahana itu sudah tentu tak memiliki prestasi di periode pertama.

"Jadi kalau ada petahana yang tidak kita dukung lagi, itu sudah pasti tidak ada prestasinya atau tidak punya potensi memperbaiki kinerjanya, itu rumus yang berlaku di PDI Perjuangan,” tambah Anggota Komisi VI DPR itu.

Deddy juga mengingatkan, para penegak hukum melakukan pengawasan penuh terhadap para petahana yang kembali ikut Pilkada. Sebab, potensi menggunakan anggaran daerah untuk kepentingan citra sangat mungkin terjadi.

Misalnya, kata dia, manipulasi anggaran terkait penanganan pandemi dan pekerjaan infrastruktur serta mobilisasi aparatur birokrasi untuk memenangkan petahana di berbagai daerah.

Baca Selanjutnya: Menurut Deddy Kemendagri KPK Bawaslu...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini