PDIP minta pelantikan Ketua DPR ditunda setelah Rakernas

Jumat, 8 Januari 2016 20:46 Reporter : Dieqy Hasbi Widhana
PDIP minta pelantikan Ketua DPR ditunda setelah Rakernas Hasto Kristyanto. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengirimkan surat ke pimpinan DPR untuk meminta penundaan pelantikan Ade Komaruddin sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan permintaan penundaan tersebut dikarenakan jadwal pelantikan berbenturan dengan jadwal pelaksanaan Rakernas I PDIP di JCC Kemayoran, Jakarta.

"Sehingga tentu saja agenda yang penting dan strategis itu kami harapkan dapat dilakukan setelah ketentuan-ketentuan legalitas dari tata tertib DPR RI tersebut terpenuhi," kata Hasto di Gedung PBNU, Jakarta, Jumat (8/1).

Hasto menjelaskan bahwa pada sidang paripurna Senin (11/1) mendatang, seluruh Anggota Fraksi PDIP diwajibkan hadir. Namun, partainya juga mewajibkan seluruh kader hadir di Rakernas I PDIP. Oleh sebab itu, DPP PDIP melalui Fraksi akan mengirimkan surat ke Plt Ketua DPR Fadli Zon untuk permintaan penundaan paripurna yang salah satu agendanya pelantikan Ketua DPR.

"Kami prinsip mengikuti seluruh aturan yang ada di DPR. PDIP taat pada aturan main yang ada. Sekiranya memang tanggal 12 akan dibahas (pelantikan Ade Komarudin), kami akan mengikuti aturan-aturan itu. Nanti pimpinan fraksi PDIP akan berkomunikasi dengan pimpinan dewan terkait agenda pada tanggal 12 Januari," ujarnya.

Meski demikian, Hasto mengakui terus memantau dinamika politik di DPR termasuk perselisihan antara Golkar kubu Aburizal Bakrie dengan Golkar kubu Agung Laksono yang memperebutkan posisi Ketua DPR pasca mundurnya Setya Novanto. Sehingga, partainya belum tentu menyetujui Ade Komaruddin sebagai orang nomor satu di parlemen.

"Tentu saja kami juga akan membangun strategi komunikasi politik yang baik, termasuk bagaimana agenda-agenda untuk menentukan ketua DPR, setelah Setya Novanto mengundurkan diri," tuturnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini