PDIP Klaim Kepercayaan Publik ke Jokowi-Ma'ruf Masih Tinggi Meski Ada Penurunan

Kamis, 22 Oktober 2020 11:31 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PDIP Klaim Kepercayaan Publik ke Jokowi-Ma'ruf Masih Tinggi Meski Ada Penurunan Hendrawan Supratikno. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Litbang Kompas merilis survei setahun pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin seperti dikutip pada Rabu (20/10) kemarin. Hasilnya, lebih banyak responden yang tidak puas terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf.

Politikus PDIP, Hendrawan Supratikno mengakui memang ada penurunan kepuasan yang dirasakan masyarakat. Namun, menurutnya, tingkat kepercayaan kepada kinerja Jokowi-Ma'ruf masih tinggi.

"Ada penurunan. Tapi tingkat kepercayaan masih tinggi, mendekati 70%. Kepuasan memang konsep yang cepat berubah dan situasional. Yang penting, pemerintah harus tetap konsisten berada di jalur yang benar dan terus bekerja untuk janji-janji yang disampaikan," katanya, Kamis (22/10).

Dia berpendapat, hasil fluktuatif di dalam survei adalah wajar. Meski begitu, PDIP akan mencermati dan mendorong pemerintah agar bekerja lebih baik.

"Biasa saja hasil survey naik turun. Namun, hasil apapun tentu kami cermati dengan serius. Ini tantangan untuk meningkatkan semangat untuk berbuat lebih baik dan mengabdi lebih sungguh," ucapnya.

Menurutnya, wajar bila masyarakat tidak puas dalam kondisi yang sulit akibat dampak pandemi Covid-19. Tetapi, bangsa Indonesia masih punya rasa solidaritas yang kuat.

"Pukulan ganda, resesi dan pandemi, memang dirasakan berat, bukan saja oleh kita di Indonesia. Kita masih beruntung memiliki modal sosial yang kuat, yaitu ikatan-ikatan komunal yang kuat. Ada solidaritas sosial yang menyala. Ada spirit gotong royong yang hidup," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Diberitakan Litbang Kompas merilis survei...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini