PDIP: Jokowi Bangun Rasa Percaya Diri Masyarakat Adat

Selasa, 9 April 2019 15:57 Reporter : Merdeka
PDIP: Jokowi Bangun Rasa Percaya Diri Masyarakat Adat Hasto bersama pengurus Senapati Nusantara di yogyakarta. ©2019 Merdeka.com/purnomo edi

Merdeka.com - Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto bertemu sejumlah tokoh adat di Flores Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/4). Pertemuan itu untuk menyerap aspirasi masyarakat adat agar dapat disampaikan pada calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo.

Hasto bertemu langsung dengan para pemangku adat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), yang dipimpin ketua hariannya Laurecius. Dia berjanji akan mempercepat Undang-Undang tentang hak masyarakat adat.

"Itu sikap ideologis partai yang akan kami perjuangkan. Langkah pelopor kan sudah dilakukan bapak presiden (Jokowi)," katanya, Selasa (9/4).

Pada masa Pemerintahan Jokowi, menurutnya, pemerintahan menaruh perhatian penuh kepada masyarakat adat. Contohnya seperti pengakuan terhadap hak tanah adat dan ulayat. Dan ini dianggap berbeda dengan yang ditunjukkan Prabowo Subianto dengan penguasaan tanah rakyat.

"Pak Jokowi membangun rasa percaya kepemimpinan masyarakat adat karena dukungan pak jokowi ke masyarakat adat," ujarnya.

Hasto mengungkapkan, dukungan Jokowi kepada masyarakat adat nusantara dibuktikan dengan perhatiannya kepada mereka. Menurutnya, dukungan tersebut sejalan dengan PDIP yang menempatkan masyarakat adat dalam kearifan lokal dan masuk dalam Kongres partai.

"Karena ini bagian akar masyarakat . Karena itulah ini dasar ideologi kultural yang kami perjuangkan," tutupnya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini