PDIP Jakarta Jelaskan Alasan Pemilihan Wagub DKI Diambil Alih DPP

Rabu, 19 Februari 2020 13:08 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PDIP Jakarta Jelaskan Alasan Pemilihan Wagub DKI Diambil Alih DPP Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan 'ambil alih' untuk menentukan dukungan kepada Cawagub DKI Jakarta. Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono, menyebut alasannya karena PDIP menganut ideologi terpimpin.

"Kalau bicara PDI Perjuangan itu kita menganut ideologi terpimpin, tentunya nanti kan ada penyamaan misi, disampaikan kepada partai, kepada dua sosok ini, kami ini kan kepanjangan tangan partai," kata Gembong saat dihubungi merdeka.com, Rabu (19/2).

Gembong menyebut, fraksi PDIP DKI secara resmi belum menentukan dukungan untuk dua sosok Cawagub DKI Riza Patria asal Gerindra atau Nurmasjah Lubis dari PKS. Pihaknya juga menunggu Panlih (Panitia Pemilih) terbentuk. Setelah itu, baru disampaikan ke DPP PDIP calon mana yang mereka dukung.

"Jadi dua sosok ini dengan mereka sudah berkunjung ke fraksi PDIP kita sampaikan kepada partai bahwa dua sosok ini begini, begini, baru nanti kita samakan perspektif anggota fraksi (PDIP) dengan kebijakan partai, kita samakan dulu iramanya," tuturnya.

1 dari 2 halaman

Gembong menambahkan, untuk sukses duduk di kursi wagub harus gencar melakukan pendekatan. Dia enggan menyebut mana yang lebih jago melobi antara Riza atau Nurmasjah.

"Namanya manusia punya kelebihan dan kekurangan, tentunya mencari celah meyakinkan setiap anggota untuk menjatuhkan pilihan kepada yang bersangkutan," ucapnya.

Gembong pun menepis anggapan bahwa PDIP merupakan salah satu partai kunci agar menang dalam perebutan kursi Cawagub DKI. Dia bilang, bahwa semua anggota DPRD DKI punya peran sama pada pemilihan Cawagub.

"Enggaklah, semua punya peran yang sama karena one man, one vote, semua punya peran yang sama, yang paling menentukan apa, enggak lah, prinsipnya ayo kita cari yang terbaik untuk mengisi kekurangan yang dimiliki pak Anies," tandasnya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga mengatakan, pengurus pusat memiliki kewenangan untuk memberikan rekomendasi Wagub DKI Jakarta. Sehingga, siapa calon yang akan didukung PDIP untuk Wagub DKI keputusannya di tangan DPP.

"Setiap keputusan pendukungan itu masukan dari DPD harus, tapi keputusan itu ada di tingkat DPP," ujar Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2). [rnd]

Baca juga:
Cawagub DKI Tak akan Jalani Fit & Proper Test, Hanya Ada Tanya Jawab dengan DPRD
DPRD Putuskan Pemilihan Cawagub DKI Dilakukan Secara Tertutup
DPP PDIP 'Ambil Alih' Pemilihan Wagub DKI
Hari Ini, DPRD Putuskan Pemilihan Cawagub DKI Terbuka atau Tertutup
Setelah Nurmansjah, Riza Patria Bakal Temui Fauzi Bowo Pekan Depan
DPRD Putuskan Pembahasan Cawagub DKI akan Dimasukkan dalam Tatib Anggota Dewan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bursa Cawagub DKI
  3. PDIP
  4. DPRD DKI
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini