PDIP: Gotong royong kunci menangkan Pilkada, jika tak solid awal dari kekalahan

Senin, 11 September 2017 08:00 Reporter : Mardani
Megawati di Malang. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memimpin rapat konsolidasi partai membahas pemenangan Pilgub Jawa Timur serta Pilkada serentak di Ijen Suite, Kota Malang, Minggu (10/9) kemarin. Dalam amanatnya, Megawati menyatakan PDIP adalah partai pelopor berideologi Pancasila dan memiliki roh kerakyatan sehingga wajah kerakyatan partai harus dibuka seluas-luasnya dengan menjalankan fungsi ideal partai.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan dalam rapat konsolidasi yang dihadiri seluruh pengurus DPC, DPD, sejumlah anggota DPR dari Dapil Jawa Timur dan sejumlah kepala daerah di Jatim yang diusung PDIP itu, Megawati mengingatkan agar para kader PDIP tak menyalahgunakan kekuasaan.

"Ibu Megawati mengingatkan kader agar betul-betul menggunakan seluruh tanggung jawabnya untuk tidak menyalahgunakan kekuasaannya. Untuk tidak korupsi. Bagi yang korupsi langsung akan dipecat oleh partai. Untuk kesekian kalinya bagaimana disiplin bertindak, disiplin bersikap dan disiplin berpikir diingatkan Ibu Ketua Umum terhadap seluruh kader partai," kata Hasto, Senin (11/9).

Hasto menjelaskan, dalam pengarahannya, Megawati mengingatkan watak kekuasaan pemerintahan yang diusung PDIP adalah watak yang menyelesaikan masalah rakyat. Membangun harapan rakyat untuk masa depan yang lebih baik.

"Karena itulah kebijakan-kebijakan penyaringan para calon melalui mekanisme psikotes, uji kepemimpinan dan sekolah calon kepala daerah terus dilanjutkan sebagai jawaban PDIP untuk menghadirkan pemimpin yang baik. Kepala daerah yang dinilai berhasil ditetapkan sebagai guru di dalam sekolah para calon," kata Hasto.

Menurutnya, Megawati juga mengingatkan PDIP agar tetap solid, kompak dan terus berdinamika dengan menerjukan diri di tengah masyarakat.

"Ibu Megawati meminta di dalam menyiapkan calon kepala daerah dalam proses pilkada serentak untuk mengedepankan semangat gotong royong. Gotong royong sebagai kunci pemenangan karena itulah kalau partai tidak solid itu adalah awal dari kekalahan sehingga demi tanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan negara maka partai harus mengedepankan disiplin terhadap kader partai," katanya.

Sementara terkait kandidat yang akan diusung PDIP di pilgub Jawa Timur, Hasto mengatakan DPP PDIP masih melakukan pemetaan politik. Saat ini belum ditetapkan tapi akan segera ditetapkan dalam waktu yang tidak lama lagi.

"Nama-nama mengerucut dan Ibu Ketua Umum sudah memberikan arahan sehingga di rapat DPP akan diputuskan. Tidak lama lagi," jelasnya.

Besok Megawati melanjutkan kunjungannya ke Kota Surabaya. Bersama Walikota Surabaya Tri Rismaharini meninjau taman.

"Ibu Megawati berharap setiap kepala daerah membuat taman kota membuat pusat konservasi dan membangun kedaulatan pangan," ucap Hasto. [dan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.