PDIP Dukung Pertemuan PKS-Berkarya Bangun Kekuatan Oposisi

Selasa, 19 November 2019 16:10 Reporter : Ahda Bayhaqi
PDIP Dukung Pertemuan PKS-Berkarya Bangun Kekuatan Oposisi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. ©Liputan6.com/Nanda Perdana Putra

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyambut baik konsolidasi PKS dengan Partai Berkarya sebagai kubu oposisi. Menurut Hasto, hal tersebut penting untuk menghidupkan check and balance dalam pemerintahan.

"Dengan demikian partai yang di luar pemerintah melakukan konsolidasi untuk meningkatkan kualitas demokrasi, PDI Perjuangan menyambut positif karena hal tersebut penting bagi demokrasi memberikan check and balance," ujar Hasto di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/11).

Hasto mengatakan, besar kecilnya koalisi oposisi bukan menjadi masalah. Dia mengatakan, semuanya tergantung platform sikap politik oposisi untuk membangun demokrasi dengan menyajikan opsi kebijakan.

1 dari 1 halaman

PDIP Siap Kerja Sama dengan Oposisi

Karena itu, PDI Perjuangan siap bekerjasama dengan ruang lingkup masing-masing. Dan tak ingin kelompok oposisi ini tidak hanya menjadi ornamen demokrasi.

"Kami ingin membangun kerja sama dalam ruang lingkup masing-masing, berada dalam pemerintahan berada di luar pemerintahan itu sama-sama tugas patriotik bagi bangsa dan negara," kata dia.

Seperti apa bentuk kerja sama, Hasto mengatakan, berharap oposisi memberikan iklim kondusif dalam mengekspresikan gagasannya.

"Memberikan iklim kondusif bagaimana mereka mengekspresikan seluruh gagasannya dan media juga covering both side sebagai prinsip pemberitaan yang sehat juga akan memberikan ruang bagi mereka yang di luar dan itu sehat bagi demokrasi," ujarnya.

Diberitakan, Partai Berkarya pimpinan Tommy Soeharto akan bertandang ke DPP PKS untuk bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al-Jufri. Pertemuan yang bertujuan konsolidasi kelompok oposisi itu dilakukan pada Selasa (19/11) sore. [ray]

Baca juga:
Manuver Surya Paloh Bertemu PKS Dinilai Tak Membantu Pemerintahan Jokowi
Manuver NasDem Dekati PKS dan Anies Dinilai Bargaining Paloh ke Jokowi dan Koalisi
Jokowi: Salah Besar Kalau Koalisi Ini Sudah Tidak Rukun, Keliru Gede Sekali
Beri Panggung untuk Anies, Surya Paloh Dinilai Anggap Jokowi Masa Lalu
Sekjen NasDem: Bangsa Ini Capek dengan Intrik Mengundang Sinisme dan Curiga

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini