PDIP dan PKS Bukan Mustahil Berkoalisi di 2024

Rabu, 28 April 2021 11:53 Reporter : Ahda Bayhaqi
PDIP dan PKS Bukan Mustahil Berkoalisi di 2024 PDIP Terima Rombongan PKS. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bertemu dengan PDI Perjuangan (PDIP) kemarin (27/4). Pertemuan tersebut dinilai upaya PKS untuk membuka koalisi di 2024.

Pengamat politik Ujang Komarudin melihat, PKS agresif menjalin komunikasi politik. Pertemuan beda koalisi dilakukan. Semuanya demi persiapan menuju 2024.

"Pertemuan silang partai koalisi pemerintah dengan non-pemerintah. Silaturahmi politik untuk penjajakan dan pemanasan mesin politik masing-masing menuju 2024," ujar Ujang kepada wartawan, Rabu (28/4).

Pada Pemilu 2024 nanti, tidak ada calon presiden inkumben. Koalisi dengan partai manapun sangat dimungkinkan. Sehingga bukan mustahil PKS bisa berkoalisi dengan PDIP.

Ujang menilai, perpaduan antara partai nasionalis-religius antara PDIP dan PKS bisa saling mengisi.

"Apalagi keduanya beda baju, satu baju partai nasionalis, satu baju lagi partai Islam. Jika mereka bertemu dan bisa berkoalisi, itu bisa saling mengisi," katanya.

Ditambah, PKS juga ingin melebarkan segmen pemilih dengan mendekati partai nasionalis. PKS dinilai tidak hanya ingin bergantung kepada pemilih muslim. Apakah berhasil atau tidak tergantung bagaimana mesin partai.

"Ingin menambah dukungan dan melebarkan segmen pemilih. Yang tadinya hanya berkutat di pemilih Islam, PKS ingin merambah ke pemilih lain," kata Ujang.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, pihaknya dengan PDIP memiliki titik temu. Pertama sepakat Bung Karno sebagai sosok teladan. Serta sama-sama partai yang memiliki semangat nasionalis dan religius.

”Banyak titik temu yang bisa kami perjuangkan bersama. Pertama, ada kesepakatan bahwa Bung Karno adalah bapak bangsa. Kedua, semangat nasionalisme dan religiusitas," kata Aboe Bakar saat silaturahmi dengan PDIP di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (27/4).

Menanggapi itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan menghargai komitmen tersebut. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini