PDIP dan koalisi bakal bahas keinginan Demokrat AHY jadi Cawapres Jokowi

Rabu, 18 April 2018 15:23 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
PDIP dan koalisi bakal bahas keinginan Demokrat AHY jadi Cawapres Jokowi Agus Yudhoyono. ©instagram.com/Agusyudhoyono

Merdeka.com - PDI Perjuangan menyatakan bakal membahas keinginan Partai Demokrat untuk mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden Joko Widodo bersama partai-partai pendukung. Ini menyikapi wacana Demokrat yang siap bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi asalkan AHY menjadi cawapres.

"Ya tentu saja setiap di dalam konfigurasi tata pemerintahan ke depan, setiap partai tentu saja memiliki cita-cita politik kekuasaan. Ini lah yang kemudian didialogkan bersama," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (18/4).

Dari dialog antar-partai pendukung itu, kata Hasto, akan terlihat partai-partai mana saja yang berkomitmen mendukung Jokowi menjadi presiden di periode kedua.

"Di situ lah kita melihat kompetensi partai politik di dalam perjuangannya menjadikan pak Jokowi sebagai presiden," ujarnya.

Hasto menganggap syarat dari Demokrat itu hal lumrah dalam politik. Dia mencontohkan, cara Kanselir Jerman Angela Merkel menyusun pemerintahannya.

"Di Jerman, Merkel ketika membentuk kabinetnya juga bekerjasama dan kemudian menggalang kepentingan bersama untuk bangsa dan negara melalui kerja sama antar partai politik. Artinya ini hal biasa," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Agus Hermanto menegaskan siap berkoalisi dengan kubu Joko Widodo atau kubu Prabowo Subianto, asal mendorong Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Pilpres 2019. Maka itu, sampai detik ini Demokrat masih melakukan komunikasi dan masih membuka kemungkinan.

"Pertama barangkali bisa membuat poros ketiga, kedua bisa masuk ke dalam salah satu poros yang ada, poros yang ada saat ini tentunya poros Pak Jokowi sama poros pak Prabowo," ujar Agus di Kompleks Parlemen, Selasa (17/4).

"Memang cita-cita dari kader terutama kader muda dari seluruh Indonesia itu cita-citanya ingin menampilkan atau ingin menyampaikan bahwa AHY adalah adalah pimpinan nasional yang tepat ke depan ini, sehingga memang yang disampaikan bahwa nantinya AHY tentunya menjadi next leader di dalam Pilpres 2019," sambungnya. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini