PBB Dukung Jokowi-Ma'ruf, Bagaimana Reaksi Kader di Daerah?

Senin, 28 Januari 2019 14:33 Reporter : Dwi Prasetya
PBB Dukung Jokowi-Ma'ruf, Bagaimana Reaksi Kader di Daerah? Yusril di Rakornas PBB. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Bulan Bintang (PBB) resmi mendukung pasangan Joko Widodo ( Jokowi)- Ma'ruf Amin untuk Pilpres 2019. Keputusan diambil melalui rapat pleno yang langsung dipimpin Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Bagaimana reaksi kader di daerah?

Ketua DPC PBB Kota Serang Aeng Haruzaman mengatakan, pihaknya akan mematuhi keputusan hasil Rapat Pleno partai untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kita akan patuh apapun yang sudah diputusakan ketua umum, sebagai kader partai harus melaksanakan," kata Aeng kepada wartawan, Senin (28/1).

Meski partai telah memutuskan memberikan dukungan resmi kepada Jokowi-Ma'ruf, partai tetap menghargai dan menghormati apabila ada fungsionaris dan anggota partai yang berbeda pilihan dan dukungan, selain dari apa yang telah diputuskan.

"Hasil putusan itu juga meminta semua Caleg fungsionaris dan simpatisan partai menghormati perbedaan pendapat dalam partai, bagi caleg yang terlanjur sudah mendukung Prabowo-Sandi silakan, asal jangan membawa APK partai harus dasar perseorangan," jelas Aeng.

Namun, PBB kota Serang belum mengetahui persis sikap DPW dan DPC se-Banten karena seluruh petinggi partai PBB di Banten masih melaksanakan rapat kordinasi dan konsolidasi. "Untuk se-Banten belum ada keputusan," katanya.

Lain halnya dengan PBB Banten. Malah, keputusan pusat belum meyakinkan kader di daerah tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Banten, Suchi Aji enggan berkomentar terlebih dahulu. "Nanti dulu yah kita masih rapat soal itu," kata Suchi.

Sementara itu, Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Untirta Leo Agustino mengatakan, PBB adalah partai yang harus diperhitungkan suaranya karena anggota dan simpatisan partainya yang sangat militan.

Kendati suara PBB di level nasional kecil, namun bukan berarti kontribusinya tidak ada. "Sekecil apapun suara yang ada atau masuk ke Paslon 01 hal tersebut tetap akan memberikan pengaruh besar terhadap pasangan Jokowi-Kiai Ma'ruf, apalagi di Banten yang terkenal relijius," kata Leo saat dikonfirmasi, Senin (28/1).

Tim Kampanye Daerah (TKD) dan Tim Relawan Paslon 01 di Banten perlu melakukan koordinasi intensif dengan DPW dan DPD/DPC PBB di provinsi maupun kota/kabupaten se-Banten agar anggota dan simpatisan PBB bersikap positif terhadap Paslon 01.

"Sebab peralihan dukungan, tentunya, akan berpengaruh pula pada cara pandang ideologis hingga APK yang telah disiapkan oleh Caleg PBB," katanya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini