Pasek jawab tantangan Agus: Ini bukan soal merasa hebat!

Selasa, 23 Desember 2014 14:24 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Pasek jawab tantangan Agus: Ini bukan soal merasa hebat! Gede Pasek Suardika. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Politikus Partai Demokrat Gede Pasek Suardika berniat maju melawan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Kongres awal 2015 nanti. Namun menurut dia, niatan maju melawan SBY ini bukan perkara merasa hebat seperti yang diungkap oleh Wakil Ketua Umum Demokrat Agus Hermanto.

Pasek mengungkapkan, majunya dia di Kongres karena ingin menjaga demokrasi tetap berjalan di partai berlogo bintang Mercy ini. Dia mengaku mendapat laporan bahwa ada upaya memenangkan SBY secara aklamasi dengan mengganti sejumlah pengurus daerah yang tidak sejalan dengan skenario itu.

"Kita hormati pernyataan apapun. Ini bukan urusan merasa hebat atau tidak. Ini urusan demokrasi berjalan baik atau tidak," kata Pasek dalam pesan singkat, Selasa (23/12).

Pasek mempertanyakan kenapa banyak pengurus DPC dan DPD Demokrat di daerah dipecat dan diganti dengan pelaksana tugas (Plt). Dia menilai, ada upaya merebut hak suara pengurus daerah di kongres nanti.

"Terakhir calon pemilih di DPC Purworejo Jateng dicopot diganti dan kembali diisi clan Cikeas. Kesannya diangkat ke DPD tapi hak suaranya hilang. Apa ini namanya demokratis?" kata loyalis Anas Urbaningrum ini.

Pasek pun menantang jika DPP Demokrat mengambalikan hak suara yang sudah diambil ini. Menurut dia, keputusan mengganti pengurus daerah dengan Plt ini ditanda tangani langsung oleh Ketua Harian Syarief Hasan dan Sekjen Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

"Kita minta semua yang di Plt-kan harus dikembalikan haknya. Jangan hak suara mereka dirampas," pungkasnya.

Sebelumnya, Waketum Partai Demokrat Agus Hermanto membantah tudingan Gede Pasek jika partainya tak demokratis. Tudingan itu muncul akibat banyaknya trah Cikeas yang masuk struktur partai bintang mercy.

"Siapa bilang tidak demokrasi. Kalau Gede Pasek merasa hebat silakan (maju menjadi ketua umum)," kata Agus di gedung DPR Senayan Jakarta, Selasa (23/12).

Menurutnya, Gede Pasek tak akan menang dalam kontestasi pemilihan ketua umum. Pasek dinilai tak punya basis pendukung di daerah.

"Yang menilai bukan Gede Pasek, yang menilai DPD dan DPC. Kalau emosinya satu gunung tidak akan tercapai Gede Pasek," terang dia.

Lanjut dia, guna maju menjadi calon ketua umum Demokrat harus mengantongi dukungan dari pemilih suara yaitu DPC dan DPD. Tanpa dukungan mereka, maka akan sia-sia menyatakan diri maju sebagai kandidat ketua umum.

"Tentunya semua orang mempunyai perkiraan. Hanya keinginan tanpa ada dukungan sesuatu yang mubazir, biarlah akan sadar sendiri," pungkas dia. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Kongres Demokrat
  2. Partai Demokrat
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini