Partai Kedaulatan Rakyat Resmi Dideklarasikan di Solo

Kamis, 28 Oktober 2021 18:29 Reporter : Arie Sunaryo
Partai Kedaulatan Rakyat Resmi Dideklarasikan di Solo Deklarasi Partai Kedaulatan Rakyat. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) hari ini, Kamis (28/10) resmi dideklarasikan di Hotel Adhiwangsa Solo. Partai baru tersebut merupakan jelmaan dari organisasi massa Tikus Pithi Hanata Baris. Organisasi tersebut sebelumnya sukses mengusung calon wali kota dalam Pilkada Solo 2020 lalu.

Deklarasi partai yang identik dengan warna hitam, dihadiri ratusan kader menghadiri dari berbagai daerah di Indonesia. Ketua Umum PKR Tuntas Subagyo bertekad partai besutannya bisa membawa perubahan baru dalam tatanan demokrasi di Indonesia. PKR juga bertekad lolos sebagai peserta Pemilu 2024 dan Pemilu Legislatif (Pileg).

“Deklarasi ini sekaligus untuk mengenalkan PKR di Indonesia. Karena sampai kemarin sudah terbentuk di 19 provinsi dan target tahun ini selesai di 34 provinsi. Deklarasi ini juga untuk menunjukkan legitimasi dari PKR ke masyarakat," katanya.

Selain luring, deklarasi PKR juga dilangsungkan secara daring yang dihadiri oleh perwakilan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dari sejumlah wilayah. Di antaranya Sumatera Barat, Aceh, Papua, Papua Barat, Sulawesi dan DKI Jakarta.

"Sejak awal partai ini memang tidak ada tokoh nasionalnya. Dari terbentuknya DPP, DPW, DPD kami tidak ada tokoh nasional," tandasnya.

Ia mengklaim, antusiasme masyarakat terhadap partai bentukannya sangat tinggi. Menurutnya, saat ini masyarakat menginginkan adanya perubahan besar dalam demokrasi di Indonesia.

"Kami menggunakan azas gotong royong. Saat kami mendirikan kantor DPW di wilayah mereka juga bergotong royong. Ini menunjukan antusiasme masyarakat Indonesia," ujar dia.

Organisasi masyarakat Tikus Pithi Hanata Baris dalam Pilkada Kota Solo lalu mengusung pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo. Kedua pasangan independen itu akhirnya kalah dari pasangan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa. [ray]

Baca juga:
Survei: Pemilih Muda Nilai Perhatian Partai atas Isu Krisis Iklim Masih Rendah
Jagoannya Kalah Lawan Gibran di Pilkada Solo, Bos Tikus Pithi Dirikan Partai
Baliho Disebut Ketinggalan Zaman, Golkar Nilai Semua Bentuk Kampanye Ada Manfaat
Viani Limardi Resmi Gugat PSI ke PN Jakarta Pusat
Mau Bikin Partai, Eks Pegawai KPK Segera Temui Ketum Parpol

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Partai Politik
  3. Surakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini