Parpol dinilai perlu punya sosok sepadan buat lawan Ahok di Pilgub

Jumat, 1 April 2016 23:04 Reporter : Etika Widya Kusumadewi
Parpol dinilai perlu punya sosok sepadan buat lawan Ahok di Pilgub Pilgub DKI 2017. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Tingkat elektabilitas calon pertahanan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih di atas angin dibanding para pesaingnya sejauh ini. Itu berdasarkan sejumlah penelitian pada beberapa lembaga survei.

Pengamat komunikasi politik Benny Susetyo menuturkan, fenomena Ahok sebenarnya hal biasa. Warga Jakarta yang merupakan kaum urban tidak mempunyai ideologi jelas karena menyesuaikan dengan fenomena pasar.

Benny juga menjelaskan bahwa partai politik seharusnya bisa dengan mudah meredam fenomena ini. Caranya dengan mencari lawan sepadan bagi Ahok.

"Fenomena Ahok biasa. Parpol kita itu bodoh dengan reaksinya," ujar Benny saat menghadiri diskusi di Jakarta, Jumat (1/4).

Calon untuk maju di Pilgub DKI 2017 mendatang pun dipandang dari segi marketing. "Ahok dibranding orang yang tegas, orang yang cepat. Kalau (calon lainnya) brandingnya beda, ya enggak laku. Partai kita enggak liat ini," imbuhnya.

"Melawan Ahok yang sama-sama berani. Seperti wali kota Surabaya. Boneknya sama," tambahnya.

Lebih lanjut, Benny mengatakan bahwa partai politik harus jeli melihat perubahan yang terjadi di masyarakat. "Jangan memaksakan orang dia (partai). Bisa overdosis dan publik menjadi antipati," tambahnya. [ang]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini